Adakah Pengaruh SD Card WiFi bagi Kinerja Baterai?

KlinikINET

Adakah Pengaruh SD Card WiFi bagi Kinerja Baterai?

- detikInet
Selasa, 28 Apr 2015 13:57 WIB
(ilustrasi/gettyimages)
Jakarta -

Salam kenal. Saya memiliki kamera Nikon D5200, bagaimana kalau dipasangi samsung Eye-fi (SD card WiFi)? Seberapa pengaruh terhadap pemborosan baterai? Adakah pengaruhnya dengan kinerja kamera, semisal LCD jadi cepat rusak? (Yossy)

Jawaban:

SD card dengan WiFi adalah salah satu solusi untuk fotografer yang menggunakan kamera yang tidak ada built-in WiFi-nya.

Tergantung dari jenis dan mereknya, SD card ini dapat menghubungkan antara kamera dan komputer/smartphone dan mengirimkan file foto atau video dengan memanfaatkan direct WiFi. Tidak perlu terhubung ke internet untuk mentransfer file dari kartu ke komputer/smartphone, kecuali jika ingin mengunggah ke media sosial seperti Facebook.

Saat kartu WiFi aktif, tenaganya akan diambil dari baterai kamera, sehingga jika digunakan dalam waktu yang lama, baterai kamera bisa habis dengan cepat. Sayangnya, kartu WiFi sekarang ini masih tergolong lama saat transfer foto. Mengirimkan satu foto format JPG berukuran 6 MP bisa memakan waktu 6-11 detik. Jika fotonya lebih besar atau lebih banyak lagi, maka waktu yang dibutuhkan lebih lama.

Untuk menghemat baterai, tentunya matikan fungsi WiFi jika sedang tidak digunakan, dan juga transfer file yang berukuran kecil jika keperluannya hanya untuk media sosial. Ukuran file 2-4 MP biasanya sudah cukup besar untuk kebutuhan tersebut.

Setahu saya, kartu WiFi tidak merusak bagian kamera dan memperlambat kinerja kamera. Jadi tidak perlu khawatir untuk menggunakan kartu ini.

(jsn/ash)