Buffer Terbatas Bisakah Tambah Memori Agar Lebih Cepat?

KlinikINET

Buffer Terbatas Bisakah Tambah Memori Agar Lebih Cepat?

- detikInet
Senin, 16 Mar 2015 13:46 WIB
(ilustrasi/gettyimages)
Jakarta -

Nikon D7100 buffernya (memori penyimpanan data sementara) sangat terbatas. Apakah menggunakan kartu memori yang lebih cepat akan membantu? (Ardiyanto Kusuma)

Jawaban:

Saat memotret dengan Nikon D7100 dan setting image quality RAW+JPG, kecepatan foto berturut-turut memang akan melambat setelah 5 foto dibuat. Di setting JPG, D7100 akan melambat setelah 18 foto dibuat. Sebabnya adalah buffer yang sangat terbatas.

Kartu memori yang cepat tidak akan membantu secara langsung. Jika buffer sudah habis, kinerja kamera tetap akan melambat. Tapi kartu yang lebih cepat akan lebih baik daripada kartu yang lambat, terutama saat buffer kamera sudah penuh.

Contohnya, dengan kartu yang pelan dan foto dan setelah foto JPG, kecepatan foto berturut-turut melambat menjadi satu foto per detik. Sedangkan kartu berkecepatan tinggi (95MB/s) kecepatan foto berturut-turut bisa mencapai 3,5 foto per detik.

Intinya kartu memori yang cepat memungkinkan buffer untuk kosong lebih cepat, sehingga kecepatan foto berturut-turut tidak terlalu lambat.

(jsn/ash)