Resolusi dpi dan Cara Mengubahnya

KlinikINET

Resolusi dpi dan Cara Mengubahnya

- detikInet
Senin, 27 Jan 2014 14:19 WIB
(ilustrasi)
Jakarta - Om Enche, untuk EOS 1100D, Horizontal dan Vertical di Exif cuma 72 dpi ya ? Bisa tidak di kamera tersebut menjadi 300 dpi? Setingannya dimana ya? (Dedi, Pria)

Jawaban:

Jangan khawatir tentang dpi yang ada di EXIF gambar. Yang penting adalah total resolusi megapixelnya, yang bisa diatur di menu kamera bagian image quality.

Resolusi 72 dpi (dot per inch) hanya berlaku saat kita ingin mencetak foto. Jika ditampilkan di komputer, kualitas gambar tidak akan terpengaruh (pecah atau berukuran kecil) hanya karena resolusi cetaknya 72 dpi. Jika ingin mengubah dpinya, bisa melalui software. Misalnya di Adobe Photoshop di menu > image quality > Resolution.

Resolusi 72 dpi menandakan bahwa saat mencetak, dalam 1 x 1 inci, ada 72 pixel, sedangkan 300 dpi berarti dalam 1 x 1 inci, ada 300 pixel. Jika mencetak dengan resolusi cetak 300 pixel, maka foto yang dicetak akan sangat tajam meskipun dilihat dari jarak yang sangat dekat, sedangkan 72 dpi akan terlihat pecah/pixellated saat dilihat dari dekat. Tapi mencetak 300 dpi berarti gambar yang dicetak akan berukuran lebih kecil daripada mencetak 72 dpi.

Contoh, jika kamera Anda memiliki resolusi 18 MP, maka saat di set 300 dpi, maka Anda bisa mencetak dengan ukuran gambar kurang lebih 29 x 44 cm. Biarpun tidak begitu besar, tapi gambar akan terlihat sangat tajam meskipun dilihat dari sangat dekat.

Sedangkan jika di set 72 dpi, maka Anda bisa mencetak dengan ukuran gambar kurang lebih 122 x 183 cm. Besar bukan? tapi pecah gambarnya kalau dilihat dari dekat.


(jsn/ash)