Trik Agar Dagangan Dilirik Meski Follower Instagram Sedikit

KlinikINET

Trik Agar Dagangan Dilirik Meski Follower Instagram Sedikit

Konsultan: Dewi Widya Ningrum - detikInet
Jumat, 17 Jun 2016 15:16 WIB
Foto: detikINET/Irna Prihandini
Jakarta - Saya ingin sekali berjualan di media sosial terutama di Instagram, tapi followers saya dikit, hasilnya jarang orang melihat foto-foto jualan saya. Mohon tips trik supaya dagangan kita di instagram dapat dilihat walaupun memiliki followers sedikit. (Nuryati)

Jawaban:

Kehadiran media sosial bagi sebagian orang membawa berkah karena membuka peluang untuk berjualan. Banyak sekali produk baru yang inovatif lahir dan dijajakan di media sosial, tanpa harus punya toko fisik.

Salah satu media sosial yang lagi hits dijadikan tempat berjualan adalah Instagram. Platform ini disukai karena pengguna bisa berjualan dengan cara yang kreatif lewat foto atau video.

Namun berjualan di media sosial memang tidak semudah yang dibayangkan, khususnya bagi pemula seperti kamu. Kamu harus bersaing dengan banyak pelapak yang sudah terkenal dan punya banyak follower. Bahkan tak sedikit artis, yang notabene punya follower jutaan, juga berjualan di Instagram.

Jumlah follower memang cukup berpengaruh pada banyak tidaknya produk yang terjual. Semakin banyak follower maka peluang barang terjual semakin besar. Tapi Nuryati jangan berkecil hati jika follower masih sedikit. Mungkin ada beberapa trik yang bisa dicoba agar barang dagangan kamu dilihat.

1. Buat program barter

Coba buat program kerjasama barter yang win-win solution dengan pelapak lain yang punya follower lebih banyak. Barter yang dimaksud di sini adalah barter promosi, jadi saling mempromosikan barang dagangan.

2. Sediakan diskon dengan syarat tertentu

Ini adalah salah satu cara untuk mempromosikan barang dagangan kamu sekaligus menambah jumlah follower. Tapi pastikan mereka harus mem-follow akun Instagram kamu dulu jika ingin mendapat diskon. Promosikan juga info ini di Twitter dan Facebook kamu agar makin tersebar luas. Minta teman untuk membantu mempromosikan juga tidak ada salahnya lho, tapi jangan jadi spam ya.

Atau kamu juga bisa mencoba sistem promosi semacam 'first come first served". Misalnya, untuk 10 orang pertama yang memposting komentar di postingan jualan kamu maka akan mendapatkan diskon 30%, dan sebagainya.

3. Konten menarik

Kesuksesan sebuah akun Instagram berjualan juga bergantung dari konten yang di-posting, bukan hanya jumlah follower. Karena itu pastikan konten jualan yang kami posting terlihat menarik. Buatlah foto semenarik mungkin dan bercerita. Jangan lupa pula untuk membangun relasi dengan akun-akun sejenis dengan cara berkomentar di akun mereka, tapi sekali lagi ingat ya, jangan spam!

4. Cari influencer, jaga kualitas produk

Memang tidak semua artis mau jadi influencer untuk mempromosikan barang dagangan. Tapi kalau barang yang kamu jual bagus, bukan tidak mungkin mereka akan membantu mempromosikannya secara sukarela. Atau, kamu juga bisa mencari akun-akun personal yang non-artis yang punya follower cukup banyak dan mau di-endorse secara gratis. Biasanya mereka bersedia mempromosikannya setelah mencoba produknya terlebih dulu.

Semoga membantu. (jsn/ash)