Email Nyasar Karena Username Mirip, Mungkinkah?

KlinikINET

Email Nyasar Karena Username Mirip, Mungkinkah?

Konsultan: Dewi Widya Ningrum - detikInet
Senin, 04 Apr 2016 13:22 WIB
Foto: detikINET - Irna Prihandini
Jakarta - Salah satu akun Gmail saya sering mendapat email nyasar, tapi bukan spam. Ternyata nama akun yang dituju mirip dengan nama akun saya, bedanya terdapat tanda titik. Saya khawatir, email yang ditujukan ke akun saya nanti malah nyasar ke akun orang lain. Apakah tertukarnya email karena kemiripan nama akun mungkin terjadi? (heppy)

Jawaban:

Menurut keterangan resmi di halaman Google Support, Gmail tidak mengenali tanda titik (.) atau huruf kapital sebagai karakter dalam username. Karena itu kita dapat menambahkan atau menghapus tanda titik dari alamat Gmail tanpa mengubah alamat tujuan yang sebenarnya, keduanya akan dikenal sebagai username yang sama. Email tersebut akan tetap masuk ke inbox Anda, tidak akan nyasar ke orang lain.

Misalnya:

usernamesaya@gmail.com = username.saya@gmail.com
usernamesaya@gmail.com = USERNAMESAYA@gmail.com
usernamesaya@gmail.com = User.Name.Saya@gmail.com

Semua alamat tersebut dianggap milik orang yang sama. Untuk membuktikannya, cobalah Anda login dengan username Anda, tapi tambahkan titik atau hapus titik jika sebelumnya menggunakan titik. Anda akan tetap masuk ke akun Gmail Anda.

Namun demikian, jika Anda tetap merasa yakin email yang Anda terima tersebut sepertinya bukan untuk Anda tapi untuk orang lain, ada kemungkinan si pengirim memasukkan alamat yang salah. Sama halnya saat Anda menerika telepon nyasar, ada kemungkinan orang tersebut salah mengetikkan alamat email. Seharusnya Desi, tapi diketikkan Dedi. Sebaiknya Anda menghubungi si pengirim email untuk mengingatkan bahwa mereka salah kirim email.

Bagaimana kalau spam?

Jika email yang Anda terima adalah spam, kemungkinan ini adalah hasil dari ulah nakal para spammer yang disebut 'spam kamus (dictionary spamming)'.

Spammer kamus sering menggunakan aplikasi perangkat lunak untuk secara acak menebak alamat email berdasarkan kata-kata dalam kamus. Spammer menggunakan daftar alamat ini untuk mengirim pesan email secara massal.

Untuk melaporkan email spam, beri tanda centang pada kotak yang terdapat di sebelah email yang tidak diinginkan, lalu klik tombol 'Report Spam'. (jsn/rou)