'Ritual' Wajib Bertemu Orang yang Baru Kenal di Internet

KlinikINET

'Ritual' Wajib Bertemu Orang yang Baru Kenal di Internet

Konsultan: Dewi Widya Ningrum - detikInet
Rabu, 30 Mar 2016 11:38 WIB
Foto: GettyImages
Jakarta - Saya diajak untuk ketemuan dengan seseorang yang baru beberapa bulan saya kenal di internet, apa yang harus saya lakukan?

Jawaban:

Bertemu dengan kenalan baru selalu menyenangkan bagi sebagian orang. Namun ada risiko yang dapat mengintai Anda jika bertemu seseorang yang baru Anda kenal di internet. Sebab, Anda tidak tahu betul siapa dia. Bisa jadi dia bukan orang yang selama ini ia katakan saat di dunia maya.

Sebelum bertemu dengan orang yang baru Anda kenal di internet, ada beberapa ritual yang wajib Anda lakukan. Ini demi keamanan diri Anda sendiri. Anda tentu tidak mau jika orang yang baru Anda kenal di jalan, datang dan masuk ke rumah Anda. Ini juga berlaku di internet.

1. Jangan memberikan terlalu banyak informasi pribadi

Terlalu banyak memberikan info pribadi di media sosial akan membuat orang lain tahu dimana Anda tinggal, bersekolah, dan tempat Anda biasa nongkrong dengan teman. Ini bisa berbahaya. Jika orang yang mengajak Anda untuk bertemu itu ternyata punya niat jahat, dia dengan mudah dapat mengetahui lokasi Anda tinggal dan kebiasaan-kebiasaan Anda.

2. Selidiki

Beberapa minggu sebelum ketemuan, tidak ada salahnya jika Anda menyelidikinya terlebih dulu. Perlu diketahui, sangat mudah menjadi seseorang di era internet seperti sekarang ini. Cari tahu info tentang dia sebanyak mungkin, umurnya, sekolahnya, nomor telepon, dan lain-lain untuk memastikan bahwa ia selama ini tidak berbohong.

Jika kalian sudah berbagi nomor telepon, telepon dia dari nomor lain untuk mendengar suaranya apakah ia benar laki-laki/perempuan seperti yang ia katakan. Lalu mulailah obrolan biasa sebagai teman, jangan terlalu intim. Kalau perlu, sebelum kopi darat, ajak ia untuk video chat untuk memastikan apakah wajahnya sama dengan foto yang ia pajang di internet, bukan foto tipuan.

3. Bertemulah di tempat yang ramai

Meski sudah kenal dan cukup sering ngobrol secara online, dia tetaplah orang asing karena Anda belum pernah mengenalnya secara langsung, bahkan belum pernah bertatap muka. Jika ingin kopi darat, bertemulah di tempat publik yang ramai seperti mall atau cafe.

Jangan pernah mau diajak bertemu di rumahnya atau di rumahmu. Jangan pula mau diajak bertemu di dalam mobilnya berdua saja. Sebelum pergi, beritahu orangtua kemana Anda pergi, dengan siapa, dimana lokasinya dan jam berapa pulang. Jika ia kekeuh bertemu di tempat sepi, ini pertanda ia punya maksud tertentu yang tidak baik. Stop berkomunikasi dengannya sesegera mungkin.

4. Ajak teman/kakak atau orangtua

Jika memungkinkan, ajaklah seseorang untuk menemani Anda. Bisa sahabat, kakak atau orangtua. Mereka bisa duduk terpisah saat Anda bertemu dengan orang tersebut. Jika ternyata nanti terjadi sesuatu, akan ada sahabat dan orangtua yang membantu Anda.

Setelah bertatap muka dan mengobrol, usahakan kendali tetap di tangan Anda. Jangan mudah terbujuk rayuan dan jangan mau diajak minum alkohol.

Ingatlah, siapapun orang asing yang baru Anda kenal di internet, ia bisa menyamar menjadi orang lain. Jadi tetaplah waspada. (jsn/ash)