Kenapa Akun Saya 'Ditendang' oleh Twitter?

KlinikINET

Kenapa Akun Saya 'Ditendang' oleh Twitter?

Konsultan: Dewi Widya Ningrum - detikInet
Kamis, 03 Mar 2016 14:11 WIB
Foto: detikINET - Irna Prihandini
Jakarta - Akun Twitter saya tiba-tiba dinonaktifkan oleh pihak Twitter? Kenapa bisa begitu? [Edward]


Jawaban:

Pada saat membuat akun baru, sebagian besar dari kita mungkin meng-klik kotak yang menyatakan bahwa kita setuju dengan Terms of Service Twitter, namun berapa banyak dari kita yang membacanya?

Sebenarnya pada Terms of Service alias aturan main Twitter sudah ada sejumlah aturan mengenai apa saja yang tidak boleh kita tweet. Hanya saja sebagian besar dari kita mungkin tidak memperhatikannya secara detil.

Jika Anda menerima pesan bahwa akun Twitter Anda telah dikunci atau di-suspend untuk alasan keamanan, itu berarti Twitter telah mendeteksi adanya perilaku yang mencurigakan pada akun Anda. Twitter menduga akun Anda telah disusupi.

Atau, akun Anda bisa saja di-suspend karena Twitter menerima laporan bahwa akun tersebut telah melanggar aturan.

Perlu diketahui, Twitter memang menyediakan ruang bagi setiap orang untuk berbagi ide dan informasi apapun secara langsung. Namun untuk melindungi keamanan pengguna Twitter yang lain, ada beberapa batasan yang dibuat Twitter pada jenis konten dan perilaku dalam menggunakan Twitter. Semua pengguna harus mematuhi kebijakan yang ditetapkan tersebut. Jika tidak, maka Twitter akan mengunci akun Anda untuk sementara dan atau secara permanen.

Alasan umum Twitter 'menendang' sebuah akun antara lain:

Dianggap spam

Sebagian besar akun yang ditangguhkan oleh Twitter adalah karena akun tersebut dianggap sebagai penyebar spam, atau palsu. Akun tersebut dianggap dapat membahayakan Twitter dan semua penggunanya. Namun sayangnya, kadang-kadang ada kasus dimana akun seseorang yang baik-baik saja isi kontennya ditangguhkan karena kesalahan Twitter. Jangan khawatir, dalam kasus ini Twitter akan membantu sang pemilik akun untuk meng-unsuspend akun tersebut.

Akun disusupi

Jika Twitter mencurigai sebuah akun telah diretas atau disusupi, maka Twitter akan menangguhkan akun itu sampai akun tersebut dapat diamankan dan dikembalikan ke pemiliknya. Hal ini dilakukan guna mengurangi aktivitas yang berpotensi berbahaya yang disebabkan oleh adanya penyusupan.

Tweet atau perilaku kasar

Twitter bisa saja menangguhkan akun seseorang jika ada yang melaporkan ke Twitter bahwa akun tersebut melanggar aturan Twitter. Jika ada akun yang isi tweet-nya atau perilakunya kasar, seperti mengirim ancaman kepada orang lain atau berpura-pura menjadi akun lain, Twitter tak akan segan-segan menangguhkannya untuk sementara waktu, atau dalam beberapa kasus secara permanen.

Hal lain yang perlu diperhatikan agar akun Anda tidak 'ditendang' antara lain:

- Jangan memasukkan alamat email pribadi, alamat jalan atau nomor telepon tanpa seizin dari pihak terkait. Apalagi memposting tweet berisi nomor kartu kredit atau rekening pihak lain.

- Anda mungkin tidak memposting ancaman kekerasan langsung terhadap orang lain. Namun ingat, Twitter tidak akan menoleransi kegiatan ilegal seperti pornografi atau pelanggaran hak cipta.

- Twitter akan men-suspend sebuah akun yang mem-follow 2.000 akun lain, sementara jumlah follower-nya tidak sebanyak itu. Agar bisa mem-follow lebih dari 2.000 akun, Anda harus menambah jumlah follower Anda dulu. Jika rasio following/follower terlalu jauh bedanya atau tidak seimbang (kecuali Anda seorang publik figur), Twitter kemungkinan akan menganggap akun itu sebagai akun penyebar spam.

Untuk meng-unlock akun, Twitter akan meminta Anda untuk memverifikasi alamat email dan memberikan nomor telepon, atau menghapus tweet yang melanggar aturan Twitter. Twitter akan memberikan instruksi.

Jika Anda merasa bahwa akun Anda telah di-suspend karena adanya kesalahan, Anda dapat mengajukan banding dengan menghubungi tim support Twitter di sini.

Semoga membantu... (jsn/ash)