Bagaimana Mengetahui IP Pengguna Internet?

Klinik Cyberlife

Bagaimana Mengetahui IP Pengguna Internet?

- detikInet
Selasa, 04 Sep 2012 10:55 WIB
Ilustrasi (Ist)
Jakarta - Saya suka membaca forum terutama baca komentar-komentarnya, pernah ada satu komentar yang membuat user lain marah dan bilang akan melacak IP dan akan dikejar sampai ketemu. Yang ingin saya tanyakan apakah benar dengan alamat IP tersebut dapat dilacak keberadaannya padahal hanya sesasma user forum tersebut?

Jawaban :

Setiap alat yang terhubung dengan Internet, apakah itu komputer ataupun gadget lainnya, harus memiliki alamat Internet Protocol (IP). IP tersebut haruslah unik untuk setiap alat tersebut, agar informasi yang keluar masuk tidak salah alamat.

Jika kita ingin tahu IP kita, bisa dicoba disitus http://network-tools.com IP pun sebenarnya secara umum dibagi 2, yaitu IP privat dan IP publik. Misalnya kita online di dalam jaringan warnet, kantor, hotspot ataupun lab sekolah/kampus, maka IP komputer kita disebut sebagai IP privat.

Sedangkan jika kita langsung terhubung dengan Internet Service Provider (ISP) atau operator 3G, maka disebut IP publik.

Jika ditanyakan apakah benar dengan alamat IP kita dapat melacak keberadaan orang lain, tentu saja jawabannya BISA! Beberapa orang dengan kemampuan dan keahlian tertentu, yang sebenarnya siapapun bisa mempelajarinya, dapat dengan mudah menjejak lokasi seseorang dari manapun dan dimanapun di seluruh dunia.

Pernah beberapa waktu lalu, saya membantu teman yang mengalami penipuan saat melakukan transaksi online dengan seseorang yang baru dikenalnya di sebuah chatroom.

Lantas berdasarkan log (catatan) percakapan dan IP, maka dapat diketahui bahwa si pelaku ternyata melakukan aksinya dari warnet "X" di sebuah kota di daerah Jawa Tengah.

Tentu saja melacak sering kali membutuhkan ketelatenan dan pengalaman yang cukup untuk mendapatkan IP original dari target yang kita tuju. Karena tidak jarang pula orang yang sengaja menyembunyikan ataupun menyamarkan IP-nya dengna alsan tertentu.

Misalnya untuk menjaga keselamatan dirinya atau untuk hal laiinnya yang tidak selalu karena niat ataupun motif kriminal.

(jsn/ash)