Mengumbar Foto Mesra di Facebook, Pantaskah?

Klinik Cyberlife

Mengumbar Foto Mesra di Facebook, Pantaskah?

- detikInet
Kamis, 12 Apr 2012 12:09 WIB
ilustrasi
Jakarta - Etis dan bolehkah memajang foto mesra dengan pasangan di Facebook, Twitter atau Internet?

(Putri, Wanita, 24th)

Jawaban :

Boleh tidaknya, tergantung konteks pada kultur/budaya di sekitar Anda. Karena pada budaya tertentu, suatu hal bisa dianggap terlalu vulgar untuk diketahui atau disampaikan secara terbuka kepada publik.
 
Tidak hanya sekedar foto ataupun video, bahkan teks/tulisan pun, walau isinya sama, bisa memiliki dampak yang berbeda-beda di setiap orang.

Kembali ke soal foto mesra tadi, bergandengan tangan bisa dikatakan mesra oleh kalangan tertentu atau bagi komunitas tertentu, berpelukan itu adalah hal yang biasa dalam konteks persahabatan, bukan untuk bermesraan.
 
Memang yang perlu dipahami, bermesraan tidak melulu harus dimaknai dengan sentuhan fisik (dan ada fotonya). Bisa juga menggunakan kata-kata tertulis, atau bahkan diwakili oleh simbol-simbol emoticon.

Jadi, pahami dahulu konteks kultur dan kebiasaan di sekeliling Anda, baik di online maupun offline. Setelah itu, anda akan dapat mengukur sendiri sebatas apa sesuatu teks, foto ataupun video itu dapat dianggap etis atau tidak etis, layak atau tidak layak untuk diposting di Internet.

Secara umum, lebih baik Anda menghindari memposting apapun yang kelak di kemudian hari dapat memalukan, merugikan ataupun menjadi ancaman bagi diri anda, pasangan ataupun kerabat Anda sendiri.

Apapun yang sekali saja Anda posting di Internet, akan abadi selamanya di Internet, walau anda sudah berusaha mati-matian untuk menghapusnya. Prinsip itu yang harus Anda ingat senantiasa.

Think before posting!


(jsn/ash)