KONSULTASI CYBERLIFE
Dewi Widya Ningrum
Dewi Widya Ningrum
Dewi Widya Ningrum adalah seorang mantan jurnalis, ia pernah bekerja di beberapa media online besar di Indonesia sejak awal 2005 hingga akhir 2015. Sejak 2008, Dewi yang suka travelling ini juga aktif membantu kampanye program Internet Sehat yang digagas oleh ICT Watch.

Dewi dapat dihubungi via email dew.ningrum[at]gmail.com atau blogwww.dewningrum.com
Kamis, 12 Apr 2012 09:32 WIB

Klinik Cyberlife

Kapan Waktu Tepat Mengenalkan Internet ke Anak?

- detikInet
ilustrasi ilustrasi
Jakarta - Kapan waktu tepat untuk mengenalkan anak dengan internet?

(Ana, Wanita, 27th)

Jawaban :

Sebenarnya tidak ada pedoman yang baku untuk menyatakan apakah suatu waktu bisa dikatakan cocok atau tidak cocok untuk mengenalkan Internet kepada anak-anak. Meskipun demikian, ada beberapa hal pokok yang dapat dijadikan semacam panduan.

Pertama, apakah kita sendiri (orang tua) telah memahami apa manfaat dan peluang yang ditawarkan oleh Internet dan sebaliknya, serta apa dampak negatifnya dan cara menimalisirnya.

Karena agak tidak lazim, jika kita mengenalkan sesuatu kepada anak kita, tetapi kita sendiri tidak paham atau tidak kenal dengan "makhluk" yang kita perkenalkan tersebut.
 
Di sini bukan berarti orang tua harus mahir atau rutin menggunakan Internet terlebih dahulu baru kemudian "sah" mengenalkannya kepada anak. Yang dituntut di sini adalah kesediaan orang tua untuk mendampingi, atau tepatnya "belajar bersama", dengan anak saat mereka beraktifitas di Internet.

Jadi, saat yang paling tepat untuk kenalkan Internet kepada anak adalah saat orang tua yakin dan berkomitmen untuk meluangkan waktu bersama anak melakukan berbagai eksplorasi hal yang positif di Internet.

Adapun untuk tips praktis mengenalkan Internet berdasarkan usia anak, mengenalkan internet di usia 2 hingga 12 tahun  atau panduan online untuk anak usia 2 10 tahun.




(jsn/ash)
Klik di sini untuk mengirimkan pertanyaan yang ingin dikonsultasikan dengan kami. Konsultasi seputar gadget, fotografi, internet security dan cyberlife.