Gerakan di Social Media Itu Ngaruh Nggak Sih?

Klinik Cyberlife

Gerakan di Social Media Itu Ngaruh Nggak Sih?

- detikInet
Jumat, 30 Sep 2011 11:32 WIB
Jakarta - Saat ini banyak sekali gerakan ini dan itu di social media. Sebenarnya, gerakan seperti itu ada pengaruhnya nggak sih? Terus, kalau saya ikut, apakah justru bakal merugikan? (misalnya, data saya dijadikan klaim oleh pihak lain)
(Andri, 31)

Jawaban

Sebenarnya sih gerakan ini itu gak hanya ada di sosial media. Di sekitar kita, atau mungkin di RT/RW kita, juga ada.

Sebenarnya tinggal bagaimana bijak-bijaknya kita dalam memilah dan memilih gerakan mana yang akan kita ikuti dan apa konsekuensinya bagi diri kita.

Soal klaim jumlah pengikut, itu juga berlaku di ranah online maupun offline. Tetapi memang bedanya kalau di ranah online, data kita (via layanan sosial media) dapat dengan mudah diketahui. Tergantung selengkap apa kita memberikan data diri kita, tetapi biasanya untuk informasi standar demografi dan psikografi sih bisa diperoleh dengan mudah.

Saran saya, jangan latah untuk ikut-ikutan mendukung gerakan ini-itu, hanya karena yang lain sedang ramai mendukungnya. Pilih benar-benar gerakan yang memang sesuai dengan minat dan pemahaman kita.

Dengan demikian gerakan apapun yang kita dukung nantinya, memang bisa memberikan dampak positif bagi Anda ataupun gerakan itu sendiri.

(wsh/wsh)