Agar Anak Tetap Aman Saat Facebook-an?

Klinik Cyberlife

Agar Anak Tetap Aman Saat Facebook-an?

- detikInet
Rabu, 28 Sep 2011 15:40 WIB
Jakarta - Banyak kasus di luar negeri, yang saya baca di detikINET, tentang penyalahgunaan Facebook. Bagaimana dong supaya bisa lebih aman saat facebook-an? Terutama, saya khawatir dengan anak saya yang (usia 12 tahun) yang juga mulai aktif di Facebook.

(Bapak M di Bekasi)


Jawaban


Anak-anak kita sebenarnya adalah mereka yang terlahir dengan dunia dan teknologinya sendiri, yang pastinya berbeda dengan dunia dan teknologi kita dulu.

Tetapi hal-hal yang sifatnya universal, tetap berlaku sampai kapanpun, yaitu peran orangtua dalam membimbing dan mengarahkan anak. Jika anak kita sudah mulai akrab dengan Facebook, maka tak ada lain kita juga setidaknya paham apa itu Facebook. Tidak berarti Anda harus menjadi pengguna Facebook lho!

Setidaknya Anda pahami apa sebenarnya yang ditawarkan oleh layanan Facebook tersebut, apa yang anak Anda lakukan saat menggunakan Facebook dan siapa saja teman-temannya. Ini bisa dilakukan dengan cara melakukan komunikasi yang hangat dan bersahabat dengan anak Anda.

Perlu juga ada penekanan aturan yang universal kepada anak Anda ketika ia menggunakan Facebook, misalnya untuk menjauh dari sesuatu yang membuatnya tidak nyaman, tidak melakukan bully atau segera melapor kalau menjadi korban atau melibat adanya aksi bully, dan yang terpenting adalah tidak mudah mengiyakan jika ada ajakan kopdar dengan seseorang yang baru dikenalnya di Facebook.

Mintalah agar anak Anda ditemani oleh orang yang lebih dewasa saat melakukan kopdar. Informasi lebih lanjut tentang kiat aman di Facebook dapat dibaca di http://internetsehat.org




(wsh/wsh)