Jumat, 23 Nov 2018 19:21 WIB

INETgrafis

Para Penguasa Pasar Ponsel Global di Kuartal Ketiga 2018

Adi Fida Rahman - detikInet
Jakarta - Lembaga riset Counterpoint kembali merilis data pengapalan ponsel global sepanjang kuartal ketiga 2018. Siapa saja yang menjadi penguasa pasar?

Menurut catatan Counterpoint, sebanyak 380 juta unit ponsel dikapalkan sepanjang periode Juli-September 2018. Angka tersebut turun 5% dari periode yang sama tahun lalu.

Penurunan terjadi di semua wilayah, dengan yang terparah di Amerika Latin sebesar 7% dari kuartal ketiga 2017. Meski pasar negara berkembang terus tumbuh tapi tidak mengimbangi penurunan di negara maju.

Salah satu yang cukup mengejutkan adalah bahwa pengiriman smartphone di India melampaui Amerika Serikat. Sementara di China, pasar smartphone terus menurun dalam kurun lima kuartal berturut-turut.

Top 10 OEM berkontribusi hampir 79% dari pasar smartphone global. Samsung memimpin pasar smartphone berdasarkan volume, sementara HMD tumbuh paling cepat sebesar 73% YoY.

Samsung mencatatkan rekor tertinggi pengiriman di India, meskipun secara global pengapalan merena menurun sepanjang empat kuartal berturut-turut. Huawei memegang posisi ke-2 untuk kuartal kedua berturut-turut. Mereka tumbuh 33% per tahun.

Sementara pengiriman iPhone dari Apple tetap datar. Pendapatan untuk perangkat tumbuh 29% dengan rekor rata-rata harga jual $ 793.

Berikut infografis market share pasar ponsel kuartal ketiga 2018 berdasar jumlah pengapalan.

Para Penguasa Pasar Ponsel Global di Kuartal Ketiga 2018Foto: Counterpoint
(afr/krs)

Redaksi: redaksi[at]detikinet.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi: sales[at]detik.com
News Feed