Microsoft Mau Bikin Toko Game di Android dan iOS

Microsoft Mau Bikin Toko Game di Android dan iOS

ADVERTISEMENT

Microsoft Mau Bikin Toko Game di Android dan iOS

Anggoro Suryo - detikInet
Sabtu, 22 Okt 2022 08:50 WIB
Beredar Rumor Microssoft akan Akuisisi Konami dan Sega
Foto: (notebookcheck.net)
Jakarta -

Microsoft tampaknya mau menghadirkan toko game Xbox di Android dan iOS, yang terungkap lewat pendaftaran paten terbarunya.

Dari pendaftaran di Competition and Markets Authority (CMA) milik pemerintah Inggris, terungkap rencana Microsoft untuk membuat toko game Xbox generasi terbaru di perangkat mobile, bukan cuma di konsol dan PC.

Sepertinya, toko ini akan sangat bergantung pada konten yang didapat Microsoft dari akuisisi Activision Blizzard. Seperti diketahui, developer dan publisher game tersebut punya sejumlah game yang menjadi sumber pemasukan utama mereka, seperti Call of Duty Mobile dan game sejenis Candy Crush.

Pemasukan dari dua game tersebut saat ini mewakili setengah dari pemasukan Activision. Lalu kehadiran toko game baru ini, menurut Microsoft, akan membantu menarik gamer ke platform barunya.

Tentu Microsoft akan mendapat persaingan sangat ketat di ranah baru ini, karena sudah ada dua penguasa yang sangat kuat, yaitu Play Store dan App Store. Mereka perlu trik khusus untuk mengubah kebiasaan pengguna dalam mengakses App Store di perangkat Apple dan Play Store di perangkat Android.

Namun Microsoft mengaku sudah siap menghadapi persaingannya dan menerapkan filosofi toko aplikasi yang terbuka, termasuk perlakuan yang sama untuk aplikasi pihak ketiga dan tentu yang paling penting adalah pilihan pembayaran untuk transaksi di dalam aplikasi (in-app).

Namun kehadiran toko baru ini juga mungkin akan mendapat ganjalan, karena CMA saat ini juga sedang menginvestigasi akuisisi Activision Blizzard oleh Microsoft yang diduga bisa merusak kompetisi di industri game, terutama di gaming konsol, demikian dikutip detikINET dari Engadget, Sabtu (22/10/2022).



Simak Video "Microsoft Office Bakal Segera Pensiun"
[Gambas:Video 20detik]
(asj/fay)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT