Dapat Review Buruk, FIFA 23 Malah Jadi Rilis Tersukses

Dapat Review Buruk, FIFA 23 Malah Jadi Rilis Tersukses

ADVERTISEMENT

Dapat Review Buruk, FIFA 23 Malah Jadi Rilis Tersukses

Panji Saputro - detikInet
Jumat, 14 Okt 2022 17:15 WIB
Dapat Review Buruk, FIFA 23 Malah Menjadi Rilis Tersukses
Dapat Review Buruk, FIFA 23 Malah Menjadi Rilis Tersukses (Foto: Epic Games Store)
Jakarta -

FIFA 23, menjadi peluncuran tersukses sepanjang sejarah game sepak bola besutan Electronic Arts (EA). Padahal, game ini telah dibanjiri review buruk dari gamer.

Penerbit mengungkapkan, bahwa game mereka telah berhasil menarik atensi lebih dari 10,3 juta pemain, hanya dalam kurun waktu satu minggu. Diketahui, FIFA 23 sendiri sudah rilis sejak tanggal 27 September dan beragam opini pun dilayangkan oleh penggemarnya.

"Tanggapan dari para penggemar kami sangat luar biasa, dan kami senang bahwa komunitas kami bermain dengan pemain dan tim favorit mereka di FIFA 23," kata Nick Wlodyka, SVP, GM EA Sports FC, dikutip detikINET dari IGN Asia Tenggara, Jumat (14/10/2022).

Lanjut, Wlodyka mengatakan, dengan Piala Dunia Pria dan Wanita, lalu juga ada sepak bola wanita, pihaknya baru saja mulai memberikan pengalaman paling otentik dan mendalam kepada pemain. Kendati demikian, apa yang terjadi di lapangan seperti tidak sesuai dengan pernyataannya.

Seperti diberitakan sebelumnya, banyak gamer berbondong-bondong memberikan penilaian jelek terhadap game sepak bola terbaru EA. Beragam alasan pun dilontarkan, di mana kebanyakan dari mereka melihat FIFA 23 masih serupa dengan FIFA 22, sehingga tidak terlihat ada pembaruan.

Terparah, FIFA 23 menerima ulasan yang tidak baik dan masuk dalam kategori Mostly Negative Game dari total 17 ribu review di Steam. Setidaknya dari jumlah tersebut, 10.369 memberikan ulasan negatif dan 6.631 pemain memberikan pernyataan yang lebih positif.

Selain tidak membawa perbedaan signifikan terhadap judul barunya tersebut, gamer juga mengatakan bahwa game ini masih mengusung konsep pay to win. Hal tersebut dinilai mengecewakan, karena mereka harus menghabiskan waktu hingga berbulan-bulan, bila ingin mengantongi pemain profesional tertentu.

Jadi seolah-olah EA menggiring pemainnya, untuk menggunakan solusi paling sederhana dan instan, yakni membeli poin FIFA. Kemudian berharap memperoleh pemain bagus, dalam sistem pengundian layaknya judi.

Ditambah, FIFA 23 tidak ditawarkan secara gratis atau free to play. Akan tetapi, gamer harus menggelontorkan sejumlah uang, hanya untuk bisa memainkannya secara normal.

Harga FIFA 23

  • PS4 dan PS5 - Rp1.409.000
  • Xbox One, Xbox Series X, Xbox Series S - (Coming Soon)
  • Steam (Standard) - Rp759 ribu
  • Epic Games Store (Ultimate Edition) - Rp1.039.000
  • Nintendo - Rp609 ribu



Simak Video "Prediksi EA Sports soal Argentina Juara Piala Dunia 2022 Jadi Kenyataan"
[Gambas:Video 20detik]
(hps/fyk)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT