Streamer Game Suka Ngomong Kotor dan Toxic, Ini Solusinya

Streamer Game Suka Ngomong Kotor dan Toxic, Ini Solusinya

ADVERTISEMENT

Ustaz Mobile Legends

Streamer Game Suka Ngomong Kotor dan Toxic, Ini Solusinya

Panji Saputro - detikInet
Selasa, 04 Okt 2022 22:10 WIB
Streamer Game Gak Masalah Ngomong Toxic, Tapi Ingat...
Streamer Game Suka Ngomong Toxic, Tapi Ingat... (Foto: Panji Saputro/detikINET)
Jakarta -

Belakangan ini, ada ustaz yang mendadak viral, karena berdakwah sambil streaming game Mobile Legends. Memiliki nama panggilan Abi Azkakia, ia pun turut memberi tanggapannya terkait streamer yang kerap berkata kasar atau kotor.

"Sebenarnya nggak masalah mereka ngomong toxic. Cuma masalahnya pasar marketnya rata-rata tertuju sama anak-anak bukan yang seumuran," kata Ustaz Abi kepada detikINET, di studio pribadinya beberapa waktu lalu.

Menurut pandangannya di media sosial saat ini, banyak sekali streamer game yang berbicara kotor. Pria yang juga dikenal dengan nama Mas Abi ini pun, mengingatkan bahwa di platform online tersebut penggunanya tidak hanya remaja atau orang tua saja.

"Nah kebanyakan yang nonton streamer ini anak-anak dan anak-anak mudah meniru," terangnya.

Ia pun memberikan contoh, misalkan ada streamer berkata kotor, sudah pasti akan ditiru oleh gamer muda ini. Menurutnya, anak-anak itu masih masa perkembangan, sehingga beberapa kata yang dilontarkan, akan direkam lalu diulang-ulang ke temannya dan akhirnya menyebar.

"Nah itu tadi, kalau masih anak-anak, bagaikan mengukir di atas batu, sudah dewasa bagaikan mengukir di atas air," tegas Ustaz Abi.

Oleh sebab itu, Ustaz Abi mencoba cara dakwah yang unik dengan mengikuti perkembangan zaman. Menurutnya, kalau tidak bisa menghilangkan secara keseluruhan, setidaknya dirinya bisa mengurangi upaya gamer untuk berkata kasar.

"Nah di sini, kalau live itu makanya saya ajak untuk orang-orang 'ayo-ayo ketik Masya Allah'. Keliatan bercanda, tapi kalo ketik Masya Allah terus dan masuk ke dalam hati, dia akan menjadi kebiasaan. Kalau udah kebiasaan, jadi dia bukan toxic lagi yang keluar, melainkan dzikir istighfar, kurang lebih begitu," pungkas Ustaz Abi.

Seperti yang diberitakan sebelumnya, bahwa pria yang tinggal di daerah Kalideres, Jakarta Barat ini, tiba-tiba viral. Ia terkenal dengan cara dakwahnya yang unik, melalui live streaming game Mobile Legends di TikTok.



Simak Video "Cara Unik Abi Azkakia Dakwah Ala Pengajian di Streaming Mobile Legends "
[Gambas:Video 20detik]
(hps/fay)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT