Roblox Banyak Ditanya di Google Bukan Karena Populer, Tapi...

Roblox Banyak Ditanya di Google Bukan Karena Populer, Tapi...

Panji Saputro - detikInet
Kamis, 09 Jun 2022 21:15 WIB
Roblox Jadi Game Favorit Pemain di Dunia, Tapi Kok...
Roblox Jadi Game Favorit Pemain di Dunia, Tapi Kok... (Foto: Xbox)
Jakarta -

Student Beans, aplikasi diskon untuk para pelajar, baru-baru ini melakukan sebuah riset, terkait game paling populer dan favorit di dunia. Ada Roblox di daftar tersebut, tapi bukan karena memiliki banyak pemain atau menghasilkan uang. Lantas kenapa?

Parameter yang digunakan berdasarkan eksistensi game itu di Twitter, banyaknya pengikut Reddit, Twitch, perkiraan pendapatan, pencarian bulanan di Google dan Youtube. Dari hal itu, lima judul teratas yaitu Fortnite, Pokemon, Minecraft, League of Legends dan PUBG.

Melakukan penilaian menggunakan beberapa metrik, adalah sangat penting dilakukan. Karena bila hanya memakai satu sudut pandang, misalnya hanya mengacu pada penelusuran Google, bisa memperoleh hasil yang kurang tepat. Contohnya game favorit ala Student Beans, jatuh kepada Roblox, dilansir detikINET dari The Gamer, Kamis (9/6/2022).

Kendati begitu, ketertarikan gamer terhadap platform game online ini, bukan berasal dari banyaknya pemain atau jumlah pendapatan yang dihasilkan. Akan tetapi, hanya karena orang-orang lebih banyak mencarinya di Google.

Menariknya, bukan terkait tips atau cara membuat game sendiri di dalam platform tersebut. Student Beans telah menggali data, lalu menemukan bahwa istilah yang paling banyak ditelusuri, yakni 'Apakah Roblox down?'.

Setidaknya rata-rata pencarian yang tercatat, ada sebanyak 246 ribu pemain bertanya soal sever yang mati setiap bulannya. Kemudian keyword terpopuler di urutan kedua ialah 'Apakah hacker di Roblox nyata?'

Terakhir, para penggemarnya bertanya mengenai apakah game gratis ini akan tutup pada tahun 2023. Roblox sendiri memang diketahui sering mengalami pemadaman server, dan gamer biasanya mengeluhkan hal itu melalui akun Twitter resmi.

Bahkan penelitian juga mengungkapkan, mereka sempat mengalami 36 ribu pemadaman pada bulan Mei. Dengan permainan yang tidak bisa diakses, lebih dari 20 ribu kali selama periode 24 jam. Di mana rata-rata, Roblox memiliki 500 laporan setiap harinya.



Simak Video "Cindy Monika Ceritakan Tantangan Koas di Masa Pandemi Covid-19"
[Gambas:Video 20detik]
(hps/fay)