Bawa Pulang Emas di SEA Games 2021, Segini Bonus untuk Tim Esports

Bawa Pulang Emas di SEA Games 2021, Segini Bonus untuk Tim Esports

Panji Saputro - detikInet
Sabtu, 07 Mei 2022 16:16 WIB
Bawa Pulang Emas di SEA Games 2021, Segini Bonus Untuk Tim Esports
Bawa Pulang Emas di SEA Games 2021, Segini Bonus Untuk Tim Esports (Foto: PBESI)
Jakarta -

Budi Gunawan, Ketua Umum Pengurus Besar Esports Indonesia (PBESI), melalui Bambang Sunarwibowo selaku Ketua Harian PBESI, menyambangi tempat pelatihan Esports Indonesia (PBESI), melalui Bambang Sunarwibowo selaku Ketua Harian PBESI, menyambangi tempat pelatihan tim esports SEA Games 2021esports SEA Games 2021. Selain mengecek kesiapan, ia menyampaikan, akan memberikan bonus sebesar Rp 7 miliar bila para atlet bawa pulang emas.

"Kami mengecek kesiapan terakhir atlet sebelum pemberangkatan ke Vietnam. Mulai dari kebutuhan perlengkapan, mentalitas atlet, hingga staminanya," ujar Bambang, dalam keterangan yang diterima detikINETdetikINET, Sabtu (7/4/2022).

Bambang pun yakin dengan kesiapan para atlet, dalam upaya memperoleh hasil terbaik. Ia juga memaparkan bahwa atlet dan para pendukung, nantinya mendapat tambahan uang saku sebesar Rp 850 juta, di luar bonus yang telah dijanjikan oleh PBESI.

"Dalam waktu yang dekat ini, mereka harus bisa mempersiapkan semuanya dengan baik dan menunjukkan staminanya, agar memperoleh medali emas untuk bangsa Indonesia," ucapnya

Ia mengatakan, bahwa sebanyak 38 atlet akan diberangkatkan dari enam nomor pertandingan. Di mana sebelumnya berjumlah 10 nomor, hingga akhirnya empat lainnya harus batal berangkat karena beberapa alasan.

Sedikit informasi, Tim Review Peningkatan Prestasi Olahraga Nasional (PPON) Kemenpora, mengungkapkan seluruh kontingen dari berbagai cabang olahraga (cabor), termasuk esports mengalami perampingan hingga 43,3%. Sehingga Indonesia hanya mengirim enam nomor pertandingan saja.

Moch Asmawi, Ketua Tim Review PPON, menjelaskan bahwa hal tersebut dilakukan, setelah mengkaji dengan berbagai alasan. Beberapa di antaranya, seperti tidak ada rekam jejak prestasi, tidak berpeluang medali dan memiliki permasalahan organisasi.

Untuk empat nomor pertandingan yang batal ikut SEA Games 2021, di antaranya Arena of Valor, League of Legends PC, League of Legends Wild Rift Men dan League of Legends Wild Rift Women. Sedangkan enam lainnya, yakni FIFA, Crossfire, Free Fire, PUBG Mobile Solo, PUBG Mobile Team dan Mobile Legends.



Simak Video "PBESI Yakin Esports RI Raih 6 Medali Emas di SEA Games"
[Gambas:Video 20detik]
(hps/afr)