Sony Pastikan Fitur Ini Segera Hadir di PS5

Sony Pastikan Fitur Ini Segera Hadir di PS5

Anggoro Suryo Jati - detikInet
Jumat, 25 Mar 2022 09:15 WIB
Custom cover PS5
Foto: dok. Sony
Jakarta -

Sony memastikan fitur variable refresh rate (VRR) akan segera dihadirkan di PlayStation 5 (PS5) dalam beberapa bulan ke depan.

Fitur VRR ini akan mensinkronisasi refresh rate layar ke output grafis PS5, dan akan mengurangi artifak visual, screen tearing, dan masalah frame pacing. Bahkan Sony menjanjikan fitur ini juga akan tersedia untuk game yang tak mendukung VRR.

Sony mengumumkan rencana kehadiran VRR ini saat merilis software update terbaru untuk PS5 dan PS4, demikian dikutip detikINET dari The Verge.

"Gameplay di banyak game PS5 akan terasa lebih halus karena gambar dirender secara instan, grafis juga terlihat lebih renyah dan input lagi pun ikut berkurang," tulis Sony dalam postingan blog resminya.

"Game PS5 yang sudah dirilis pun akan bisa dioptimasi penuh dengan VRR melalui game patch dan game yang akan datang pun bakal mendukung VRR sejak diluncurkan," tambah perusahaan asal Jepang itu.

Namun Sony pun memastikan kalau pengguna PS5 bakal bisa menerapkan pemakaian VRR ke game yang tidak mendukung fitur itu secara resmi, dan mungkin bakal meningkatkan kualitas gambar di sejumlah game.

"Jika hal ini malah berdampak pada efek visual yang tak diharapkan, anda bisa mematikan opsi ini kapan pun," jelas Sony. VRR ini diharapkan bisa meningkatkan kualitas gambar untuk game seperti Elden Ring, yang pada awalnya punya masalah performa di PS5.

Sony tak menyebut tanggal pasti kehadiran fitur VRR ini di PS5, dan hanya menyebut fiturnya akan dirilis dalam beberapa bulan mendatang. Sebagai informasi, pada awal Februari lalu, Sony mulai menguji fitur perintah suara di PS5 dalam tahap beta, dan kini fitur tersebut sudah dirilis secara penuh.

Mungkin, Sony akan menguji fitur VRR itu secara beta dalam waktu dekat, dan akan dirilis ke publik dalam beberapa bulan ke depan.

Dalam pembaruan software PS5 dan PS4 terbaru yang hadir pada 23 Maret 2022, Sony menambahkan sejumlah fitur baru, dan juga memperbarui tampilan antarmuka untuk Game Base dan kartu Trophy. Juga fitur mono audio untuk headphone.

Khusus untuk pemilik PS5 di Amerika dan Inggris, ada fitur perintah suara yang bisa dijajal untuk membuka game dan aplikasi, juga mengontrol video dan audio yang sedang dimainkan.



Simak Video "Sony Bakal Fokus Produksi PS5 di Tahun Ini"
[Gambas:Video 20detik]
(asj/afr)