Tretan Muslim Mau Bikin Tim Esports, Tapi...

Tretan Muslim Mau Bikin Tim Esports, Tapi...

Panji Saputro - detikInet
Senin, 31 Jan 2022 18:30 WIB
Tretan Muslim Mau Bikin Tim Esports, Tapi...
Tretan Muslim Mau Bikin Tim Esports, Tapi... (Foto: Panji Sapturo/detikINET)
Jakarta -

Komika Tanah Air, Tretan Muslim, membeberkan bahwa dirinya dan Coki sebenarnya ingin membuat tim esports. Tetapi, platform yang dibawa bukan dari mobile, melainkan PC, yakni Dota 2.

"Mungkin nanti sih ya. Mungkin kalo saya bikin tim ke arah Dota 2. Pertama karena saya tuh bermain game sesuatu yang saya senang. Jujur kalau bermain sesuatu yang tidak saya senangi, ya kurang enjoy," kata Tretan kepada detikINET selepas event di kantor detikcom, Sabtu (29/1).

Menurutnya, meskipun ketika membuat tim Tretan tidak menjadi pemain, tetapi bisa menjadi salah satu pemiliknya sudah membuatnya sangat senang. Ia menambahkan tak menutup kemungkinan, bersama dengan teman-temannya merambah ke platform mobile.

"Tapi kalau saya bisa menjadi salah satu pemainnya, antara hebat atau malu-maluin sih. Saya memang senangnya game PC, tapi kita tidak mau kaku anti ini atau anti yang lain. Jadi tidak menutup kemungkinan untuk coba dengan mobile," kata Tretan.

Hanya saja komika asal Madura ini, mengungkapkan karena nasib Coki belum tahu ke depannya, ia akan memulainya dulu. Dirinya membocorkan kemungkinan besar akan dilakukan pada tahun ini. Untuk game-nya, ada beberapa pilihan, yakni antara Dota 2 atau PUBG.

"Meskipun saya senang dengan game PC, tetapi saya tidak munafik bahwa di Indonesia game mobile lebih tinggi. Sambil menunggu Coki, saya akan bikin team PUBG. Untuk pemainnya berasal dari komika, tujuannya ya entertain," jelas Tretan.

Tretan di sisi lain juga menambahkan bahwa sebagai seseorang yang berangkat dari stand up comedy, profesi yang digelutinya tersebut ternyata masih menjanjikan. Tetapi ia menegaskan, jika para pemula baru ingin merintis sekarang, pastinya akan berhadapan dengan banyak pesaing.

"Tetapi tidak menutup kemungkinan ya. Jika kalian komika baru, kalau lucu banget, dapat exposure. Kalau kalian lucu di suatu daerah doang ya susah. Tetapi jika sudah lucu, punya exposure dan akses ke media lebih besar, menurut saya tetap menjanjikan," imbuhnya.

Tretan pun memberikan sedikit tips bagi mereka yang baru merintis sebagai stand comedy-an. Di mana menurutnya, sekarang para pendatang baru cukup beruntung karena banyak referensi.

"Tetap fokus kalau mau serius. Kalian belajar, terus open mic mulai dari komunitas atau langsung belajar ke Pandji Pragiwaksono. Bisa juga ikut kelas stand up. Jadi diseriusan aja, kalau memang ingin serius," kata Tretan.

Ditanya terkait pilihan profesi antara stand up atau game sebelum berkarir, Tretan mengungkapkan kalau bisa dua-duanya. Karena menurutnya, keduanya saat itu masih belum tahu arahnya akan ke mana.

"Karena waktu itu, game atau stand up comedy-an belum tahu mau ke mana. Tetapi ternyata, di zaman modern sekarang, komedian bisa menjadi sesuatu. Game yang dulunya main-main doang, bisa menjadi sesuatu juga. jadi kalau bisa sih saya menjalani dua-duanya. Karena saya menyenangi dua-duanya," tutup Tretan.



Simak Video "D'battle Arena Detikcom 2022 is Back!"
[Gambas:Video 20detik]
(hps/fyk)