Pembuat Cheat PUBG Mobile Didenda Rp 143 Miliar

ADVERTISEMENT

Pembuat Cheat PUBG Mobile Didenda Rp 143 Miliar

Panji Saputro - detikInet
Minggu, 09 Jan 2022 14:45 WIB
PUBG Mobile
Pembuat Cheat PUBG Mobile Didenda Rp 143 Miliar (Foto: PUBG Mobile)
Jakarta -

Sekelompok peretas yang telah menciptakan cheat untuk game Battle Royale, yakni PUBG Mobile, diminta untuk membayar ganti rugi sebesar USD 10 juta atau sekitar Rp 143 miliar. Menurut pengembang sendiri, dana tersebut akan digunakan untuk membuat teknologi anti-cheat.

Ini terjadi setelah para peretas kalah dalam sebuah kasus persidangan. Sehingga pengadilan di Amerika Serikat dan Jerman, memutuskan mendukung Krafton Inc. dan Tencent Games, untuk menerima jumlah denda tersebut dari tersangka.

Tidak hanya harus membayar kompensasi yang telah ditentukan, tetapi terdakwa juga diminta mengungkapkan proses pembuatan cheat. Di mana hal tersebut telah merusak keadilan para gamer di dalam permainan.

"Jutaan pemain di seluruh dunia tengah menikmati PUBG Mobile. Kami akan memastikan level permainan untuk semua orang. Namun sayangnya, tindakan oleh para peretas merusak keadilan permainan. Putusan ini, memberikan pesan jelas, bahwa kami tidak akan mentolerir kecurangan di PUBG Mobile," kata Rick Li, Producer PUBG Mobile Games, Tencent Games, dalam keterangan yang diterima detikINET.

Krafton Minu Lee, Head of PUBG Mobile Product Development, menambahkan bahwa penerbit akan terus memantau keadaan permainan ke depannya. Karena menurutnya, kegembiraan dan keadilan adalah hal dasar dari pengalaman PUBG Mobile.

"Karena itu kami akan terus menegakkan hak IP kami, dengan tekad yang teguh terhadap siapa pun yang berusaha menodai atau menyalahgunakannya," kata Lee.

PUBG Mobile sendiri, kerap memberantas para pemain yang menggunakan cheat di dalam permainan. Seperti yang mereka lakukan baru-baru ini, di mana lebih dari 900 ribu akun diblokir karena berbuat curang.

"Mulai dari tanggal 31 Desember 2021 - 6 Januari 2022, kami menindaklanjuti laporan penggunaan cheat atau hack ilegal lainnya. Sebanyak 901,131 akun ternyata menggunakan cheat ataupun bentuk kecurangan lainnya, yang dilakukan di berbagai tingkatan rank," tulis PUBG Mobile ID.



Simak Video "Setelah Sempat Dicekal, PUBG Kini Bisa Diakses Lagi di India"
[Gambas:Video 20detik]
(hps/asj)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT