Banyak Rangkaian Acara, Game Developer & Publisher Kumpul di IGDX 2021

Banyak Rangkaian Acara, Game Developer & Publisher Kumpul di IGDX 2021

Sponsored - detikInet
Rabu, 10 Nov 2021 14:12 WIB
IGDX
Foto: IGDX
Jakarta -

Perhelatan Indonesia Game Developer Exchange (IGDX) kembali digelar di tahun 2021 setelah dilaksanakan pertama kali di Kota Bandung. Kini, IGDX 2021 memiliki lebih banyak rangkaian kegiatan dengan tujuan meningkatkan daya saing dan publikasi game developer lokal di dunia.

Adapun sejumlah rangkaian kegiatan dalam IGDX 2021 mencakup IGDX Academy, IGDX Career, IGDX Business, dan IGDX Conference. Kegiatan-kegiatan tersebut diharapkan menjadi platform yang memperlihatkan kemajuan industri game Indonesia kepada dunia.

"Ini adalah langkah nyata pemerintah untuk mendukung perkembangan ekosistem industri game Indonesia. Dengan fasilitasi dimulai dari peningkatan kualitas produk dan SDM pelaku industri game developer lokal, hingga menjadi wadah bagi para investor, publisher lokal dan asing, dan para game developer asing untuk bertemu dan berkolaborasi dengan game developer lokal," ujar Direktur Jenderal Aplikasi Informatika, Semuel A. Pangerapan dalam keterangan tertulis, Rabu (10/11/2021).

"Melalui teknologi virtual, pandemi tidak menjadi halangan untuk para game developer dapat menunjukkan produk game mereka melalui virtual exhibition," imbuhnya.

Semuel menjelaskan para developer game lokal nantinya berkesempatan unjuk gigi untuk memamerkan permainan buatannya pada ajang IGDX Conference yang berlangsung pada 20 dan 21 November 2021 mendatang. Dalam kegiatan ini, game developer lokal bisa menunjukkan produk-produk mereka secara virtual melalui laman www.IGDX.id.

Selain pameran, rangkaian kegiatan IGDX Conference juga menghadirkan sharing session yang diisi oleh para narasumber dari praktisi industri game. Mulai dari developer game lokal dan internasional, publisher game, hingga perwakilan pemerintah.

Sejumlah panelis yang akan hadir mengisi acara antara lain, Presiden Asosiasi Game Indonesia, Cipto Adiguno, CEO Agate International, Arief Widhiyasa, CEO Toge Productions, Kris Antoni, serta perwakilan dari Nintendo dan Google. Para developer game atau siapapun yang tertarik terjun di industri game bisa mengikuti semua sesi ini secara gratis dengan mendaftarkan diri di www.igdx.id.

Diketahui, berdasarkan penyelenggaraan IGDX 2019, 66% peserta IGDX berasal dari kalangan profesional, dengan 16,1% mahasiswa dan sisanya masyarakat umum. Data tersebut menunjukkan bahwa minat terhadap IGDX berasal dari pelaku industri dan calon SDM yang tertarik masuk ke dalam industri game. Selain itu, IGDX juga menjadi ruang bagi perluasan jejaring yang baik dari pihak-pihak tersebut.

Di IGDX 2021, para developer game lokal Indonesia juga dapat terhubung dengan publisher, investor, dan pemangku kepentingan lainnya dengan mengikuti IGDX Business. IGDX Business diselenggarakan secara daring dengan tujuan membuka akses kerja sama dan investasi bagi game developer Indonesia dengan para pelaku industri game global, seperti publisher dan investor. IGDX Business yang akan diselenggarakan melalui platform digital pada 18-21 November 2021 ini akan dihadiri oleh lebih dari 200 pelaku usaha di bidang industri game lokal dan global.

Sementara itu, Ketua Umum Asosiasi Game Indonesia (AGI), Cipto Adiguno mengatakan sebagai industri digital yang tak terbatas oleh posisi geografis, persaingan di industri game sangat ketat karena langsung berhadapan dengan industri besar di skala global.

"Melihat hal tersebut, IGDX menempati posisi yang penting dan krusial dalam industri game Indonesia. Dengan menarget secara spesifik para pelaku profesional, dan bukan pemula atau amatir, IGDX menaikkan batas atas kemampuan developer lokal agar semakin mampu bersaing secara global," tutur Cipto.

Informasi mengenai pendaftaran, jadwal acara, serta detail lain mengenai IGDX 2021 bisa langsung diakses melalui laman resminya di www.igdx.id.

(Content Promotion/IGDX)