PS5 Akhirnya Jungkalkan Nintendo Switch

PS5 Akhirnya Jungkalkan Nintendo Switch

Anggoro Suryo Jati - detikInet
Rabu, 20 Okt 2021 13:05 WIB
Ilustrasi Playstation 5
Foto: (Unsplash/RRQ)
Jakarta -

Penjualan Sony PlayStation 5 di Amerika Serikat akhirnya menyalip penjualan Nintendo Switch pada September lalu.

Menurut NPD Group, ini adalah pertama kalinya Nintendo Switch kalah jumlah penjualan di AS selama hampir tiga tahun terakhir. Konsol besutan Nintendo itu memang menjadi konsol paling laris selama 33 bulan berturut-turut di AS, bahkan lebih laris dibanding PS5 dan Xbox Series X saat pertama baru dirilis.

"PlayStation 5 adalah platform hardware paling laris selama September baik dalam hal jumlah unit maupun dollar (nominal penjualan)," jelas Mat Piscatella dari NPD.

PS5 sebenarnya sudah menjadi konsol paling laris dalam hal nominal penjualan dalam dollar selama 2021 ini, namun sebelum bulan September, jumlah unit terjualnya masih kalah dibanding Nintendo Switch. Perlu diingat, NPD hanya menghitung penjualan di AS, tidak termasuk pasar besar lain seperti Eropa dan Asia.

Hanya saja belum terungkap apakah Sony bisa menyalip Nintendo ini karena mereka bisa mengamankan pasokan PS5 ataukah karena pasokan yang terhambat dan permintaan yang melambat menjelang peluncuran Switch OLED.

Jadi sebenarnya Nintendo masih bisa menyalip posisi Sony kembali jika permintaan Switch meningkat, ataupun mereka bisa mengamankan pasokan Switch OLED yang mencukupi.

Namun sebenarnya PS5 pun punya catatan yang impresif, karena menjadi PlayStation yang penjualannya paling cepat sepanjang sejarah, yaitu dengan jumlah penjualan mencapai 10 juta unit sampai saat ini. Di sisi lain, Nintendo sudah menjual 89 juta unit Switch sejak pertama diluncurkan pada 2017.

Hanya Xbox Series X dan S yang saat ini belum diketahui jumlah penjualannya, karena memang tak diungkap oleh Microsoft. Namun analisis Daniel Ahmad dari Niko Partner menyebutkan kalau Xbox Series X dan S per 30 Juni lalu sudah terjual sebanyak 6,6 juta unit.



Simak Video "Mengintip Penampakan Nintendo Switch OLED yang Baru Dirilis"
[Gambas:Video 20detik]
(asj/fyk)