Ini 8 Game Esports yang Akan Dipertandingkan di Asian Games 2022

Ini 8 Game Esports yang Akan Dipertandingkan di Asian Games 2022

Panji Saputro - detikInet
Jumat, 17 Sep 2021 16:47 WIB
Ilustrasi Esports
Ini 8 Game Esports yang Akan Dipertandingkan di Asian Games 2022 (Foto: Unsplash/RRQ)
Jakarta -

The Olympic Council of Asia (OCA), mengumumkan delapan game esports yang akan tampil, untuk memperebutkan medali pada Asian Games ke-19 mendatang, di Hangzhou, China, pada tahun 2022.

Berikut delapan game yang akan dipertandingkan.

  • Arena of Valor versi Asian Games
  • Dota 2
  • Dream Three Kingdoms 2
  • EA Sports FIFA
  • HeartStone
  • League of Legends
  • PUBG Mobile Asian Games Versi Asian Games
  • Street Fighter

Seluruh game tersebut juga akan menyumbang medali layaknya cabang olahraga lain, mulai dari emas, perak dan perunggu. Di mana total keseluruhan mencapai 24 medali dari delapan game tersebut.

"Kami dari OCA berharap, dapat bekerja sama dengan teman-teman kami di Asian Electronic Sports Federation and the Hangzhou Asian Games Organising Committee, untuk memastikan keberhasilan pelaksanaan acara esports di Asian Games 2022," kata Husain Al-Musallam, Direktur Jendral OCA.

Selain daftar game tersebut, terdapat dua permainan lainnya yang unjuk gigi, yakni Robot Masters dan VR Sports. Hanya saja, ini tampil sebagai acara demonstrasi di Asian Games 2022.

Esports sendiri, menjadi yang pertama kalinya dimasukkan sebagai perebutan medali secara resmi di kompetisi Olahraga tingkat Asia. Rencananya, akan digelar pada 10 hingga 25 September 2022.

"Kami berharap pengumuman ini memberikan waktu yang cukup bagi semua tim yang berpartisipasi untuk mempersiapkan dan melengkapi diri mereka menjelang babak kualifikasi," kata Al-Musallam.

Awalnya, olahraga elektronik ini, pertama kali menyambangi kompetisi SEA Games 2018, sebagai acara demonstrasi saja. Kemudian memulai debutnya, di SEA Games 2019, yang diadakan di Filipina.

Berlanjut di ajang SEA Games 2021 mendatang di Hanoi, Vietnam. Pada tahun lalu, Filipina mengantongi lima medali, termasuk tiga emas di esports.

Diikuti oleh Thailand, dengan dua emas dan dua perak. Lalu ada Malaysia dengan satu emas dan satu perunggu.

Sedangkan Indonesia, meraih dua perak dan Singapura meraih satu perak serta satu perunggu. Terakhir Vietnam meraih tiga medali perunggu.



Simak Video "Istri Jadi Saksi di Sidang Dugaan Korupsi, Ini Kata Mark Sungkar"
[Gambas:Video 20detik]
(hps/fay)