Anak Gemar Main Game, Ini Tips Ortu Atlet eSports Rasyah Rasyid

Anak Gemar Main Game, Ini Tips Ortu Atlet eSports Rasyah Rasyid

Dini - detikInet
Jumat, 03 Sep 2021 20:30 WIB
Pesan Orang Tua Rasyah Rasyid Dalam Menghadapi Anak Gemar Main Game
Pesan Orang Tua Rasyah Rasyid Dalam Menghadapi Anak Gemar Main Game (Foto: garena indonesia)
Jakarta -

Saat ini, bermain game sudah menjadi hiburan sehari-hari. Terlebih beberapa mobile game terkenal, telah menghadirkan kompetisi game pada cabang olahraga esports.

Menjawab berbagai rasa penasaran masyarakat, bagaimana para gamers membagi waktu dengan pendidikan dan kegiatan lainnya? Serta seperti apa dukungan orangtua dan keluarga bagi karir dan keseharian mereka?

Melalui wawancara eksklusif bersama Rasyah Rasyid, salah satu gamers terkenal yang juga adalah streamer. Bersama ayahnya, Rasyid, mereka menjawab seputar pertanyaan-pertanyaan tersebut.

Anak berusia 12 tahun asli Makassar yang bercita-cita jadi pilot ini, turut berpartisipasi di pertandingan esports terbesar di Indonesia, Free Fire Master League Season IV pada Divisi 2 lewat tim EVOS Immortal.

Selaku orang tua Rasyah, Rasyid membagikan pengalamannya dalam menghadapi anak yang gemar bermain game.

"Awalnya saya sempat khawatir akan hobi Rasyah yang gemar bermain game. Tetapi seiring waktu, Rasyah ternyata tetap bisa menyeimbangkan pelajaran di sekolah, meskipun bermain game. Bahkan di sekolah dapat berprestasi masuk ranking 10 besar," kata Rasyid.

Ia mengatakan bahwa Gurunya tidak pernah menegur. Bahkan sangat mendukung, karena Rasyah selalu menyelesaikan tugas terlebih dahulu sebelum bermain.

Rasyid mengungkapkan, bahwa anaknya diperbolehkan bermain game setelah menyelesaikan tugas terlebih dahulu. Tak lupa juga, dengan waktu salat yang tidak ditinggalkan.

Pesan Orang Tua Rasyah Rasyid Dalam Menghadapi Anak Gemar Main GamePesan Orang Tua Rasyah Rasyid Dalam Menghadapi Anak Gemar Main Game Foto: (garena indonesia)

Ketika Rasyah memutuskan untuk menjadikan hobi bermain game sebagai karir, yaitu content creator di YouTube, Ayahnya pun mendukung dengan memberikan kepercayaan.

"Pesan saya untuk orangtua lainnya, bimbinglah anak-anak agar hobinya dapat tersalurkan. Namun tanpa meninggalkan kewajiban lainnya seperti sekolah, ibadah. Kemudian berikan juga kepercayaan bagi anak-anak untuk mengembangkan pilihan karirnya," kata Rasyid.

"Saya tidak pernah mengira anak saya bisa terkenal dengan main game. Bahkan saya melihat banyak dukungan fans Rasyah di medsos. Sampai ada beberapa fans Rasyah yang datang ke rumah untuk menyampaikan dukungan. Saya sangat bangga," ungkapnya.

*Artikel ini adalah kerjasama detikINET dan Garena.



Simak Video "Persiapkan Dirimu Sambut Free Fire Master League Season IV"
[Gambas:Video 20detik]
(hps/fay)