Ini Gambaran Orang Kecanduan Main Game Selama 20 Tahun

Ini Gambaran Orang Kecanduan Main Game Selama 20 Tahun

Adi Fida Rahman - detikInet
Jumat, 03 Sep 2021 08:16 WIB
Kecanduan Game
Foto: Istimewa
Jakarta -

Bermain game untuk waktu yang cukup tidak hanya bikin terhibur, tetapi juga bantu melatih otak. Namun bermain game dalam waktu lama dan terus menerus, bahkan sampai kecanduan, sangat mempengaruhi kesehatan dan bentuk tubuh.

Sebuah tim peneliti Amerika telah menciptakan model yang mensimulasikan penampilan orang yang bermain game untuk waktu yang lama. Para peneliti menamai model ini Michael.

Tim peneliti membuat prediksi tentang efek nyata pada tubuh Michael yang menjadi pecandu game. Mereka menampilkan perubahan fisik pada tubuh Michael yang terus bermain game selama puluhan jam sehari selama 20 tahun.

Jika kondisi Michael bermain game dalam waktu lama setiap hari tidak berhenti, pada tahun 2040 Michael akan memiliki tengkorak cekung akibat tekanan terlalu banyak memakai headphone serta kebotakan akan muncul karena dia hanya di rumah.

Tanpa banyak terpapar sinar matahari, menyebabkan kekurangan vitamin D. Selain itu, matanya memerah dan punya lingkaran hitam karena begadang bermain game yang menyebabkan gangguan tidur.

Orang kecanduan gameOrang kecanduan game Foto: dok Techrum

Bermain game terus menerus selama 20 tahun akan membuat tubuh Michael berbeda dari orang normal. Duduk dalam posisi yang salah untuk waktu yang lama dan kebiasaan menetap menyebabkan punggung bungkuk, bahunya bulat, punuknya muncul, dan dia kegemukan karena terlalu banyak duduk.

Selain itu, warna kulit akan menjadi pucat karena kadar vitamin D yang rendah. Para peneliti turun menggambarkan Michael berlebihan menggunakan controller PlayStation yang menyebabkan struktur jari-jarinya berubah secara signifikan, terutama ibu jari. Selain itu, jika Michael menggunakan keyboard dan mouse untuk bermain game, tidak hanya jari-jari Michael tetapi juga pergelangan tangannya akan cacat.

Akhirnya, bermain game terus menerus untuk waktu yang lama juga dapat menyebabkan Michael mengalami kelainan bentuk pada kakinya. Sedemikian rupa sehingga dia akan mengalami varises dan kaki bengkak pada tahun 2040.

Semua perkiraan di atas menunjukkan bagaimana orang yang bermain game untuk waktu yang lama dan terus menerus (kecanduan game) dapat sangat terpengaruh. Oleh karena itu, untuk menghindari pola ini terjadi pada diri kamu ada baiknya perlu mengontrol waktu yang dihabiskan untuk bermain game agar secukupnya saja tidak berlebihan.

Orang kecanduan gameOrang kecanduan game Foto: dok Techrum


Simak Video "Fakta-fakta Drakor Squid Game yang Terinspirasi dari Permainan Anak Korea"
[Gambas:Video 20detik]
(afr/afr)