PlayStation Plus Kehilangan Banyak Pelanggan Sejak Lockdown Berakhir

ADVERTISEMENT

PlayStation Plus Kehilangan Banyak Pelanggan Sejak Lockdown Berakhir

Panji Saputro - detikInet
Jumat, 06 Agu 2021 14:41 WIB
PlayStation Network
PlayStation Plus Kehilangan Banyak Pelanggan Sejak Lockdown Berakhir (Foto: istimewa)
Jakarta -

Untuk pertama kalinya, PlayStation (PS) Plus, mengalami penurunan pelanggan yang cukup signifikan. Jumlahnya mencapai lebih dari 1 juta pada kuartal terakhir.

Sejak Sony mulai mengkolaborasikan PS Plus dengan PS5 pada akhir tahun 2020, layanan berlangganan ini mengalami sedikit peningkatan. Kendati begitu, meskipun kualitas dan kuantitas game dari bulan ke bulan ditingkatkan, tampaknya, mereka belum bisa mendapatkan pelanggan lebih banyak.

Bahkan, perusahaan game konsol ini harus rela kehilangan banyak pelanggan PS Plus pada Q1 tahun 2021. Totalnya menyentuh angka 46,3 juta, berkurang hingga 1,3 juta, di mana ini lebih sedikit dibandingkan dengan dua kuartal terakhir, dikutip detikINET dari Gamerant, Jumat (6/8/2021).

Selaku Chief Financial Offer (CFO) Sony, Hiroki Totoki, melihat dengan sudut pandang berbeda dan mencoba mengambil nilai positifnya. Ia mengatakan, meskipun turun dibandingkan tahun lalu, ada peningkatan bila dibandingkan dengan tahun fiskal 2019.

"Boleh saya katakan, bahwa tahun lalu permintaan tinggal di rumah begitu tinggi. Jadi dibandingkan periode tahun lalu, sebagai tren tentu saja ini menurun. Tapi dibandingkan dengan fiskal 2019 ada peningkatan," kata Totoki.

Ia menyampaikan bahwa jumlah gamer yang berlangganan PS Plus meroket dalam beberapa tahun terakhir. Misalnya, pada bulan Juni 2019, angkanya menyentuh 36,3 juta pelanggan.

Ini membuktikan, bahwa hampir lebih dari 10 juta pemain yang telah bergabung dalam dua tahun. Sehingga pengurangan yang terjadi, tidak menjadikannya terlalu buruk.

Sony pun mengungkapkan tidak terlalu khawatir dengan hal tersebut. Mereka menambahkan, akan memantau situasi ini dengan hati-hati dan meningkatkan kualitas platform.

"Oleh karena itu, selama tahun fiskal mendatang, kami akan mengambil tindakan untuk mendukung bisnis ini," kata Totoki.

Dalam upaya memberikan kenyamanan pelanggan, PS Plus tidak hanya dapat memainkan game secara online. Mereka sering kali memberikan game gratis setiap bulan daan dapat dimainkan, selama keanggotaan masih aktif.



Simak Video "PS5 Tersedia di Indonesia Mulai Januari 2021, Kapan Bisa Pesan?"
[Gambas:Video 20detik]
(hps/fay)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT