Steam Deck Bisa Jalankan Windows dan Mainkan Lebih Banyak Game

Steam Deck Bisa Jalankan Windows dan Mainkan Lebih Banyak Game

Virgina Maulita Putri - detikInet
Senin, 19 Jul 2021 19:49 WIB
Steam Deck
Steam Deck Bisa Jalankan Windows dan Mainkan Lebih Banyak Game Foto: dok Valve
Jakarta -

Valve baru saja meluncurkan konsol handheld Steam Deck yang menjalankan sistem operasi Linux custom. Pesaing Nintendo Switch ini juga bisa dipasangi sistem operasi Windows untuk mengakses lebih banyak game.

"Steam Deck adalah PC jadi kalian bisa menginstal software dan sistem operasi pihak ketiga," kata Valve, seperti dikutip dari The Verge, Senin (19/7/2021).

Ini berarti Valve tidak mengunci ekosistem Steam Deck, berbeda dengan banyak perusahaan teknologi lainnya. Jika menjalankan Windows, Steam Deck juga bisa menjadi Xbox portabel, mengingat Microsoft akan menghadirkan game dari Xbox Game Studios ke PC.

Steam Deck sendiri menjalankan SteamOS, sistem operasi custom berbasis Linux dengan antarmuka yang mirip seperti aplikasi Steam di PC. Meski dukungan Linux untuk gaming sudah meningkat berkat Proton, jumlah game di Steam yang mendukung Linux dan SteamOS kurang dari 15%.

Artinya, hanya 7.586 game dari 54.280 game di Steam yang bisa dimainkan di Steam Deck. Sedangkan jumlah game di Steam yang tidak bisa dimainkan di Windows hanya 13.

Dengan memasang Windows di Steam Deck, konsol genggam ini akan bisa mengakses ribuan game di Steam yang tidak kompatibel dengan SteamOS, dan mengakses layanan Xbox Game Pass.

Selain itu, banyak game yang memiliki sistem anti-cheat masih menjadi masalah bagi Linux dan Proton. Valve mengatakan mereka sedang berdiskusi dengan BattlEye dan Easy Anti-Cheat untuk mendukung Proton, sehingga game seperti Apex Legends, Destiny 2, PUBG, dan Fortnite akan didukung oleh Proton dan Steam Deck.

Melihat hardware yang diusung Steam Deck, memang tidak salah jika menyebut konsol ini sebagai Xbox versi mini. Konsol ini dilengkapi dengan APU custom dari AMD yang memiliki performa hingga 1,6 teraflops.

Angka tersebut lebih tinggi dari Xbox One S (1,4 teraflops) dan sedikit lebih rendah ketimbang PS4 (1,8 teraflops). Arsitektur RDNA 2 di Steam Deck memang lebih modern, jadi tidak bisa hanya dibandingkan lewat teraflops saja, tapi setidaknya ini menunjukkan konsol tersebut cukup bertenaga untuk memainkan game PC.

Tapi memasang Windows di Steam Deck juga memiliki sisi negatifnya sendiri. Belum diketahui apakah akan ada dukungan driver resmi, dan apakah antarmuka desktop akan bisa ditampilkan secara optimal di konsol genggam. Belum diketahui juga bagaimana performa game saat dimainkan di Steam Deck yang menjalankan Windows.



Simak Video "Windows 11 Akhirnya Diluncurkan, Apa Saja yang Baru?"
[Gambas:Video 20detik]
(vmp/fay)