Bangga! Gamelan Bali Mendunia Lewat Game PS5 Kena: Bridge of Spirits

Gamelan Bali di Playstation 5

Bangga! Gamelan Bali Mendunia Lewat Game PS5 Kena: Bridge of Spirits

Sui Suadnyana - detikInet
Senin, 28 Jun 2021 06:15 WIB
Game Kena: Bridge of Spirits yang memakai musik gamelan Bali
Game Kena: Bridge of Spirits (Foto: Playstation)
Gianyar -

Playstation 5 (PS5) akan punya game baru berjudul Kena: Bridge of Spirits. Game ini menampilkan gamelan Bali sebagai musiknya.

Gamelan Bali bakal semakin dikenal masyarakat dunia setelah resmi dipakai sebagai musik pengiring dalam video game Kena: Bridge of Spirits buatan Ember Lab. Game tersebut bisa dimainkan di PlayStation 5 (PS5) yang akan dirilis oleh Sony Interactive Entertainment pada Agustus 2021 mendatang.

Iringan musik menggunakan gamelan Bali tersebut diciptakan oleh seniman Bali bernama Dewa Putu Berata bersama Sanggar Seni Cudamani dari Banjar Pengosekan, Desa Mas, Kecamatan Ubud, Kabupaten Gianyar. DetikINET pun berbincang dengan Dewa Berata akhir pekan kemarin.

"(Komposer) Jason Gallaty mempunyai ide untuk memasukkan unsur-unsur instrumen gamelan natural," kata Dewa Berata kepada detikINET di Sanggar Seni Cudamani, Ubud, Sabtu (26/6/2021).

Menurut Dewa Berata, Jason Gallaty awalnya menemukan gamelan jagog dari Bali barat melalui YouTube. Jason lalu mencari grup musik Bali di Amerika. Dari sanalah Janson Gallaty menemukan grup Gamelan Sekar Jaya yang berada di AS.

"Saya tertarik untuk bertanya tentang gamelan, karena kita mau buat musik untuk game," terang Dewa Berata menirukan perkataan Jason Gallaty.

Di Gamelan Sekar Jaya, Dewa Barata adalah music director. Dewa Berata lalu menggarap musik game Kena: Bridge of Spirits bersama Sanggar Seni Cudamani yang didirikannya. Hal itu Dewa Berata lakukan bukan tanpa alasan.

Dewa Putu Berata Pemilik Sanggar Seni Cudamani Bali digaet untuk mengisi musik game Playstation 5 yaitu Kena: Bridge of SpiritsDewa Putu Berata Pemilik Sanggar Seni Cudamani Bali digaet untuk mengisi musik game Playstation 5 yaitu Kena: Bridge of Spirits (Foto: Sui Suadnyana/detikcom)

Menurut Dewa Berata, dirinya berkeinginan agar musik gamelan tersebut original berasal dari Bali. Terlebih ini merupakan proyeknya yang pertama dalam mengisi musik video game. Soal originalitas ini juga sesuai keinginan dari Jason Gallaty.

Selain itu, grup Gamelan Sekar Jaya di Amerika Serikat sangat sulit dalam mengatur waktu karena sudah mempunyai program. Mereka hampir setiap hari latihan dengan grup yang berbeda.

Tak hanya itu, teknik dan penguasaan rasa juga turut menjadi pertimbangan Dewa Berata mengapa dirinya menggarap bersama Sanggar Seni Cudamani. Menurutnya, orang di Sanggar Seni Cudamani sudah memiliki rasa yang klop dengan gamelan karena sudah lama berkecimpung dalam dunia tersebut.

"Kalau di sini di Cudamani, kita perlu rekam besok, sekarang harus selesai sebuah lagu atau dua buah lagu (bisa dilakukan). Kita latihan empat jam untuk dua buah lagu, dia (peserta) sudah bisa kuasai karena dia punya rasa," jelasnya.

Berbeda dengan kelompok gamelan di Amerika yang masih perlu belajar teknik atau dasar gamelan. Terlebih sering ada orang baru juga bergabung dan belum mempunyai teknik yang bagus sehingga kemampuan tim tidak merata.

"Challenge-nya besar di sana. Dan saya kira Jason (Gallaty) tahu itu. Dia kan ingin kalau gamelan Bali ya orang Bali, sebisa mungkin," kata Dewa Berata.

[Gambas:Instagram]

Menurut Dewa Berata, komposer dari game Kena: Bridge of Spirits, Jason Gallaty mempunyai pandangan yang bagus terhadap gamelan Bali. Jason enggan mencopot gamelan Bali begitu saja untuk pembuatan video game besutan Ember Lab tersebut.

"Tentu dia gampang mencomot, tapi dia tidak ingin. Karena dia takut juga apakah boleh dipakai, apakah tidak. Dia tahu sedikit gamelan Bali itu mempunyai fungsi masing-masing. 'Nanti kalau saya ambil (sembarangan) bermasalah dengan yang dari Bali'. Memalukan atau bagaimana, nanti bisa dituntut," paparnya.

Yuk intip trailer game Kena: Bridge of Spirits di sini:

[Gambas:Youtube]

Simak terus cerita selanjutnya tentang gamelan Bali dan game Kena: Bridge of Spirits!



Simak Video "Bongkar Jeroan Ajaib PlayStation 5"
[Gambas:Video 20detik]
(fay/fay)