Fitur Gaming di Windows 11 Bikin PC Jadi Mirip Xbox

Fitur Gaming di Windows 11 Bikin PC Jadi Mirip Xbox

Virgina Maulita Putri - detikInet
Jumat, 25 Jun 2021 21:00 WIB
Windows 11
Fitur Gaming di Windows 11 Bikin PC Jadi Mirip Xbox Foto: dok Microsoft
Jakarta -

Windows 11 menghadirkan banyak fitur baru yang bisa mendongkrak performa gaming di PC. Karena fitur-fitur ini merupakan turunan dari Xbox, performa PC pun dijanjikan akan setara dengan konsol game tersebut.

Dalam event peluncuran Windows 11, CVP Game Creator Experience and Ecosystem Xbox Sarah Bond bahkan menyebut sistem operasi anyar ini sebagai Windows terbaik untuk gaming. Ia menjanjikan fitur-fitur ini akan membawa grafis yang superior, performa yang kencang, dan pilihan game yang beragam.

Pengguna Windows 11 kini bisa memainkan lebih banyak game berkat aplikasi Xbox baru yang terintegrasi dengan sistem operasi. Dengan aplikasi ini, pengguna bisa mengakses Xbox Game Pass dan bisa memainkan ratusan game PC.

Tidak hanya itu, gamer yang sudah berlangganan Xbox Games Pass Ultimate juga bisa mengakses layanan streaming game Xbox Cloud Gaming. Jadi perangkat yang menjalankan Windows 11 bisa memainkan game konsol terbaru lewat web.

Windows 11 akan menawarkan dua fitur gaming lainnya yaitu DirectStorage API dan Auto HDR. Kedua fitur ini pertama kali diluncurkan di Xbox Series X dan S.

Auto HDR sudah dikenalkan di Windows 10 lewat Windows Insider Program beberapa bulan yang lalu. Fitur ini secara otomatis menambahkan peningkatan high dynamic range (HDR) ke game standar dynamic range(SDR), asalkan game tersebut dibuat menggunakan DirectX 11 atau lebih tinggi.

Bond mengatakan lebih dari 1.000 game - termasuk Age of Empires: Definitive Edition, Rocket League, DayZ, dan Doom 64 - akan langsung tampil dalam grafis yang ditingkatkan di perangkat Windows 11 yang mendukung HDR. Tentunya fitur ini hanya bisa dipakai di PC yang sudah terhubung dengan layar yang mendukung HDR.

Terakhir ada DirectStorage yang juga merupakan turunan dari Xbox Series X/S. Fitur ini memanfaatkan performa SSD NVMe untuk memuat aset game langsung ke kartu grafis sehingga waktu loading bisa dipangkas secara signifikan.

"PC Windows 11 dengan DirectStorage yang dioptimalkan dikonfigurasi dengan hardware dan driver yang dibutuhkan untuk mengaktifkan pengalaman luar biasa ini," kata Bond, seperti dikutip dari Polygon, Jumat (25/6/2021).

Windows 11 akan diluncurkan secara publik pada musim liburan akhir tahun mendatang. Pengguna Windows 10 bisa menginstal Windows 11 secara gratis asalkan spesifikasi perangkatnya memenuhi syarat.

Selain fitur gaming di atas, Windows 11 membawa banyak peningkatan seperti antarmuka yang lebih sederhana, Windows Store dengan tampilan baru, peningkatan kinerja dan pengalaman multitasking. Sistem operasi ini juga dijanjikan lebih efisien dan lebih hemat baterai.



Simak Video "11 Fitur Baru Windows 11 yang Dirilis Besok"
[Gambas:Video 20detik]
(vmp/rns)