Apakah Benar 5G Jadi Faktor Utama Main Game Online Ngebut?

Apakah Benar 5G Jadi Faktor Utama Main Game Online Ngebut?

Panji Saputro - detikInet
Jumat, 28 Mei 2021 11:17 WIB
Little girl and boy watching video or playing games on their smart phones.
Apakah Benar 5G Jadi Faktor Utama Main Game Online Ngebut? (Foto: iStock)
Jakarta -

Jaringan internet terbaru, 5G segera rilis di Indonesia pada hari Kamis, 27 Mei 2021. Namun apakah internet super ngebut ini menjadi faktor utama kelancaran bermain game online?

Mengingat perkembangan gaming mobile online semakin pesat, memang dibutuhkan sebuah kecepatan internet yang super ngebut. Tidak lain tujuannya adalah memberikan kelancaran saat bermain game pastinya.

Namun bukan menjadi faktor utama, itu hanya salah satu dari beberapa faktor yang mempengaruhi kelancaran bermain game. Seperti yang diungkapkan oleh PR & Communications Garena, Putri Dini Azizi.

Dalam wawancara dengan detikINET, ia menyampaikan bahwa jaringan memang menjadi salah satu faktor terpenting untuk kelancaran bermain game. Namun Putri menegaskan itu bukan lah satu-satunya.

"Karena kelancaran bermain game juga didukung oleh faktor-faktor lainnya seperti perangkat handphone pengguna," kata Putri, Jumat (28/5/2021).

Berdasarkan pengalaman bermain tim detikINET, terdapat settingan di dalam game yang juga ikut mempengaruhinya. Seperti mengatur tingkat frame yang ingin kita gunakan dengan menyesuaikan kemampuan handphone.

"Perangkat yang dibutuhkan untuk kelancaran bermain game bervariasi tergantung dari game-nya sendiri," kata Putri

"Seperti contohnya, game Garena Free Fire kami ciptakan untuk dapat dimainkan dengan lancar oleh seluruh pemain dari berbagai spesifikasi perangkat," tambahnya.

Di dalam game Free Fire, pemain dapat mengatur grafik yang diinginkan. Mulai dari settingan smooth, standard dan ultra.

Kemudian memilih resolusi normal atau tinggi, lalu apakah ingin mengaktifkan shadow atau tidak. Lalu fitur filter yang bisa digunakan untuk memberikan nuansa visual yang berbeda dari aslinya.

Pemain juga bisa mengatur FPS ke arah yang normal atau high. Namun perlu diingat, bila spesifikasi handphone yang dimiliki tidak mendukung, ada baiknya tidak menggunakan settingan grafik yang terlalu tinggi.

Hal ini bertujuan agar penurunan frame tidak terjadi. Karena ketika frame tiba-tiba turun, maka akan terjadi lag yang diakibatkan tidak mampunya spek handphone menyesuaikan dengan settingan tinggi tersebut.

Jadi terkadang lag muncul bukan hanya diakibatkan oleh jaringan buruk. Tetapi faktor lain seperti kualitas dari perangkat yang digunakan juga penting.

Oleh sebab itu, bisa dikatakan bahwa 5G bukan faktor utama kelancaran bermain game. Perhatikan pula spesifikasi handphone yang pemain gunakan.



Simak Video "Pekan Ini Jaringan 5G Telkomsel Bisa Dinikmati di Kota Berikut"
[Gambas:Video 20detik]
(hps/fay)