5 Game Catur untuk Android dan iPhone

5 Game Catur untuk Android dan iPhone

Anggoro Suryo Jati - detikInet
Minggu, 04 Apr 2021 15:30 WIB
Chess board game concept of business ideas and competition and strategy ideas concep. Chess figures on a dark background with smoke and fog. Selective focus
Foto: Getty Images/iStockphoto/Zeferli
Jakarta -

Belakangan ini permainan catur tengah naik daun, menyusul kehebohan dari pertandingan di Chess.com antara Dadang Subur alias Dewa_Kipas melawan Levy Rozman, atau yang dikenal dengan nama GothamChess. Tertarik bermain catur lewat HP? ini rekomendasi game catur di Android dan iPhone.

Sebenarnya, selain Chess.com, ada sejumlah aplikasi game catur yang bisa dimainkan lewat ponsel, baik online maupun offline. Berikut ini daftarnya.

Lichess

LichessLichess Foto: Screenshot Play Store

Lichess adalah aplikasi permainan catur, di mana pemain bisa melawan komputer ataupun melawan pemain lainnya secara online. Ada beberapa mode yang didukung, seperti Bullet, Blitz, dan Classical.

Aplikasi ini juga punya fitur interaktif untuk memantau statistik permainan pemainnya. Aplikasinya tersedia untuk Google Play Store dan Apple App Store, namun juga bisa diakses lewat browser.

Chess - Clash of Kings

Chess - Clash of KingsChess - Clash of Kings Foto: Screenshot Play Store

Meski sama-sama menghadirkan permainan catur, Chess - Clash of Kings punya satu hal yang membuatnya unik, atau malah aneh. Yaitu fitur 'undo', yang membuat pemain bisa mengulang gerakan bidak catur yang sebelumnya sudah dilakukan.

Dalam game ini adalah 10 tingkat level kesulitan yang bisa dipilih, dan permainannya dilakukan secara online, melawan pemain lain yang ada dalam daftar teman mereka. Gamenya tersedia di Google Play Store dan Apple App Store.

Chess Royale

Chess RoyaleChess Royale Foto: Screenshot Play Store

Game ini dibuat oleh Xten Limited, dan sudah diunduh lebih dari 5 juta kali. Permainannya bisa dilakukan secara online maupun offline. Mode online tentunya dibutuhkan untuk bisa bermain melawan orang lain.

Dalam game ini ada lima mode permainan yang bisa dipilih. Lalu pemain pun bisa mengatur bidak dan papan catur yang akan dipakai bermain. Oh ya, desain tersebut bisa dibeli lewat in app purchase ataupun menukar poin yang didapat dari bermacam tantangan yang ada dalam game.

Chess Free

Chess FreeChess Free Foto: Screenshot Play Store

Ini adalah game yang paling lama dibanding game catur lainnya. Game buatan AI Factory Limited ini sudah diunduh lebih dari 50 juta pengguna, dan punya rating yang tinggi.

Game ini tampaknya populer karena sistem yang dipakainya terbilang simpel, dan memudahkan untuk pemula. Meski begitu, tingkat kesulitannya cukup banyak, ada 12. Dari mulai pemula sampai profesional.

Chess24

Chess24Chess24 Foto: Screenshot Play Store

Keunikan Chess24 dibanding game catur lainnya adalah pemain bisa mengatur sendiri durasi pertandingan catur yang dimainkan. Pemain bisa melawan orang lain secara online lewat game ini.



Simak Video "Dewa Kipas Kalah, GothamChess Buka Akses YouTube bagi Indonesia"
[Gambas:Video 20detik]
(asj/asj)