5 Pemain Catur Top di Chess.com, Ada Dewa Kipas?

5 Pemain Catur Top di Chess.com, Ada Dewa Kipas?

Panji Saputro - detikInet
Minggu, 21 Mar 2021 06:15 WIB
BEVERWIJK, NETHERLANDS - JANUARY 27:  A detailed view of the board and pieces including the Queen, King, Knight, Bishop, Rook and Pawn during the 83rd Tata Steel Chess Tournament held in Dorpshuis De Moriaan on January 27, 2021 in Wijk aan Zee, Netherlands (Photo by Dean Mouhtaropoulos/Getty Images)
5 Pemain Catur Top di Chess.com, Ada Dewa Kipas? (Foto: Getty Images/Dean Mouhtaropoulos)
Jakarta -

5 pemain catur top di Chess.com merupakan Grandmaster dunia. Nampaknya Dewa Kipas tidak ada dalam daftar.

Peningkatan pemain baru di situs catur daring, Chess.com, meningkat ketika film serial Netflix, The Queen's Gambit berhasil meraih kepopulerannya dengan mengangkat tema olahraga catur.

Sebagai pendatang baru, banyak hal yang perlu dipelajari agar menjadi ahli dalam olahraga penuh strategi ini. Ada baiknya, belajar dari para pendahulu atau grandmaster catur yang sudah memiliki banyak pengalaman.

Sebagai referensi, bagi detikers yang baru bergabung di Chess.com, mungkin bisa mempelajari keahlian grandmaster catur di situs daring ini. Berikut 5 pemain catur top di Chess.com, dilansir detikINET dari situs Chess.com.

1. Magnus Carlsen

5 Pemain Catur Top di Chess.com, Ada Dewa Kipas?5 Pemain Catur Top di Chess.com, Ada Dewa Kipas? Foto: (Youtube : Chess.com)

GM Magnus Carlsen adalah juara catur dunia saat ini. Bagi banyak orang, dia adalah yang terbaik di olahraga catur. Hal yang menjadi luar biasa yakni sebelum usia 30 tahun, Carlsen telah mendapatkan tempatnya di puncak.

Hal ajaib lainnya ketika ia berusia 13 tahun dan berhasil memaksa GM Garry Kasparov untuk memutuskan draw. Kemudian di acara yang sama pada tahun 2004, Magnus berhasil mengalahkan GM Anatoly Karpov. Pada tahun 2009, ia menjadi pemain termuda yang menembus peringkat 2800.

2. Fabiano Caruana

5 Pemain Catur Top di Chess.com, Ada Dewa Kipas?5 Pemain Catur Top di Chess.com, Ada Dewa Kipas? Foto: (chess.com)

Fabiano Caruana lahir pada tanggal 30 Juli 1992 di Miami, Florida. Bakat bermain catur ditemukan sejak usia lima tahun dalam program catur sekolahnya. Pelatih catur pertamanya adalah Master Nasional Bruce Pandolfini, seorang penulis catur terkenal.

Ia menjadi master FIDE pada 2002 dan mater internasional pada 2006. Setahun kemudian, pada usia 14 tahun, Caruana menjadi grandmaster termuda di Amerika Serikat dan Italia. Tak lama setelah mendapat gelar tersebut, dia memenangkan Kejuaraan Catur Italia, dan menjadi juara Italia termuda.

3. Ding Liren

5 Pemain Catur Top di Chess.com, Ada Dewa Kipas?5 Pemain Catur Top di Chess.com, Ada Dewa Kipas? Foto: (chess.com)

Ding Liren adalah super grandmaster asal China yang dianggap oleh kebanyakan orang sebagai pesaing utama, GM Magnus Carlsen. Ding memenangkan Kejuaraan Catur China pertamanya pada usia 16 tahun dan menjadi pecatur termuda yang pernah melakukannya.

Pada piala catur 2017 dan 2019, ia menjadi pemain pertama dalam sejarah yang dapat masuk final dua kali berturut-turut. Sebelum usia 30 tahun, ia mendapatkan tiga gelar Tiongkoknya diikuti dua medali emas tim dan satu medali emas individu di Olimpiade Catur (ditambah satu medali emas tim di Kejuaraan Tim Dunia).

4. Ian Nepomniachtchi

5 Pemain Catur Top di Chess.com, Ada Dewa Kipas?5 Pemain Catur Top di Chess.com, Ada Dewa Kipas? Foto: (chess.com)

Ian Nepomniachtchi lahir di Bryansk, Rusia, kota dengan jumlah penduduk sekitar setengah juta. Dia bermain catur sejak usia yang sangat muda, sekitar empat tahun dan memenangkan tiga kejuaraan Eropa berturut-turut di kelompok usianya dari 2000 - 2002.

Pada tahun 2002 ia juga memenangkan Kejuaraan Junior Dunia untuk pemain di bawah 12 tahun, nyaris mengalahkan Carlsen, yang ia kalahkan pada saat itu. Jika Nepomniachtchi memenangkan Kandidat 2020, dia akan menjadi pemain kedua, setelah GM Sergey Karjakin, yang memenangkan kedua turnamen tersebut.

5. Levon Aronian

5 Pemain Catur Top di Chess.com, Ada Dewa Kipas?5 Pemain Catur Top di Chess.com, Ada Dewa Kipas? Foto: (chess.com)

Levon Aronian adalah seorang super grandmaster Armenia (akan segera menjadi AS) yang saat ini menduduki posisi lima di dunia. Dia pertama kali masuk 20 besar pada tahun 2005, yang sebagian besar terjadi ketika 15 tahun dan setelah usia tersebut, dihabiskan di posisi 10 besar.

Pada November 2010 hingga September 2014, dia berada di tiga besar. Pada Maret 2014, peringkatnya mencapai 2830. Hal tersebut membuat Aronian menjadi pemain dengan peringkat tertinggi keempat dalam sejarah, setelah sebelumnya hanya Magnus Carsen, Garry Kasparov dan Fabiano Caruana yang mencapai peringkat lebih tinggi.



Simak Video "Beli Papan Catur, Dewa Kipas Siap Hadapi GM Irene Kharisma"
[Gambas:Video 20detik]
(hps/fyk)