Ini Magnus Carlsen, Dewa Catur dan Peringkat 1 di Chess.com

Ini Magnus Carlsen, Dewa Catur dan Peringkat 1 di Chess.com

Panji Saputro - detikInet
Sabtu, 20 Mar 2021 19:00 WIB
5 Pemain Catur Top di Chess.com, Ada Dewa Kipas?
Mengenal Magnus Carlsen, Grandmaster Catur dan Peringkat 1 di Chess.com (Foto: Youtube : Chess.com)
Jakarta -

Magnus Carlsen seorang grandmaster catur yang menduduki peringkat satu di dunia, saat ini memiliki ELO hingga 2874. Dia juga berada di peringkat satu di situs daring Chess.com.

Chess.com merupakan situs catur daring yang baru-baru ini mengalami peningkatan pemain akibat kepopuleran film The Queen's Gambit. Kemudian pada tahun ini, mereka juga mendapat banyak perhatian dari waganet terkait polemik antara Dewa Kipas dengan GothamChess.

Selanjutnya, mari mengenal lebih dalam dengan sosok Magnus Carlsen pemain top peringkat satu di Chess.com. Bagaimana ia memulai karir dan apa saja yang sudah dicapainya hingga saat ini? Berikut dirangkum detikINET dari situs Chess.com.

GM Magnus Carlsen adalah juara catur dunia saat ini. Bagi banyak orang, dia adalah yang terbaik di olahraga catur. Hal yang menjadi luar biasa yakni sebelum usia 30 tahun, Carlsen telah mendapatkan tempatnya di puncak.

Hal ajaib lainnya ketika ia berusia 13 tahun dan berhasil memaksa GM Garry Kasparov untuk memutuskan draw. Kemudian di acara yang sama pada tahun 2004, Magnus berhasil mengalahkan GM Anatoly Karpov. Pada tahun 2009, ia menjadi pemain termuda yang menembus peringkat 2800.

Carlsen belajar bermain catur saat dia berusia lima tahun. Namun pada awalnya dia tidak menunjukkan ketertarikan pada catur. Dia membuat kagum orang lain dengan cara lain yakni menyelesaikan kegiatan yang menunjukkan bakat intelektualnya.

Pada usia dua tahun, Carlsen bisa memecahkan teka-teki jigsaw. Dia juga bermain set Lego yang ditujukan untuk anak-anak berusia 10 hingga 14 tahun. Ingatan Carlsen yang mengesankan membantunya ketika bermain catur.

Awalnya dia hanya ingin mengalahkan kakak perempuan tertuanya. Namun tak lama kemudian dia memutar ulang permainan yang ditunjukkan kepada ayahnya. Di awal karir catur, Carlsen dilatih oleh pemain top Norwegia juara nasional tujuh kali GM Simen Agdestein yang bersama juniornya mengasah bakatnya dengan cepat.

Dia merebut peringkat nomor satu dunia pada tahun 2011 dan hingga saat ini masih belum melepaskannya. Magnus sudah memenangkan gelar dunia dan berhasil mempertahankannya sebanyak tiga kali.

Selain itu, dia merupakan GM termuda kedua dalam sejarah mulai dari tahun 2004 hingga 2009. Magnus juga menjadi pemain kelima dalam sejarah catur sekaligus termuda yang menembus angka 2800.



Simak Video "Beli Papan Catur, Dewa Kipas Siap Hadapi GM Irene Kharisma"
[Gambas:Video 20detik]
(hps/fyk)