Geforce RTX 3090 Tipe Blower Hilang dari Pasaran, Ada Apa?

Geforce RTX 3090 Tipe Blower Hilang dari Pasaran, Ada Apa?

Muhammad Hadi Panji Saputro - detikInet
Kamis, 04 Mar 2021 11:12 WIB
Nvidia
Foto: Nvidia
Jakarta -

Kabar mengejutkan datang dari produsen perangkat keras Nvidia. Mereka telah menghentikan produksi kartu grafis dengan kipas pendingin GeForce RTX 3090.

Kartu grafis ini juga sudah dihapus dari toko online tanpa penjelasan sedikit pun. Bagi siapa pun yang mengerti tentang kartu grafis, tentu tahu bahwa Nvidia GeForce RTX 3090 tipe blower adalah salah satu yang terbaik.

Performa yang dimilikinya sangat baik, sehingga cocok untuk aktivitas yang membutuhkan kinerja optimal seperti bermain game dan pengeditan video. Oleh sebab itu cukup mengejutkan bila mengetahui bahwa RTX 3090 dihentikan.

Industri game telah berkembang pesat hingga saat ini. Namun kebijakan yang mengharuskan beberapa negara lockdown bisa dipastikan menjadi salah satu faktor pada kekurangan stok yang mengganggu perangkat keras game di mana-mana seperti kartu grafis, dikutip detikINET dari PC Games, Kamis (4/3/2021).

Mungkin itu salah satu faktor di belakang layar meskipun alasan dihentikannya RTX 3090 masih belum diketahui. Padahal, jarang terjadi AIBs menghapus produk dari situs mereka secepat ini.

Dugaannya adalah, penghapusan mungkin ada hubungannya dengan prosesor untuk penambangan uang kripto yang baru-baru ini diumumkan NVDIA. Nvidia mungkin memutuskan menggunakan pendingin ini hanya di model CMP HX, yang tersedia secara eksklusif melalui AIBs bulan depan.

Sebenarnya produk yang menghilang secara misterius tidak jarang terjadi di dunia teknologi dan sebagian besar pun tidak diketahui alasan pastinya. Biasanya, karena alasan penghentian produk tidak cukup penting.

Namun popularitas 3090 yang membuat penghentian dan penghilangan ini mengejutkan. Gamer yang sedang menunggu Nvidia GeForce RTX 3090 pasti kecewa dengan hilangnya produk ini dari pasar. Beberapa pengecer sebenarnya masih menyediakan stok, tapi gamer harus rela mengeluarkan uang yang lebih banyak untuk membelinya dibandingkan harga retail.



Simak Video "MacBook Pro Terbaru Dipersenjatai M1 Pro dan M1 Max, Apa Bedanya?"
[Gambas:Video 20detik]
(fyk/fay)