Acara Pameran Game Dunia E3 2021 Dibatalkan, Pindah ke Online

Acara Pameran Game Dunia E3 2021 Dibatalkan, Pindah ke Online

Panji Saputro - detikInet
Selasa, 02 Mar 2021 16:48 WIB
Suasana Pameran Game Electronic Entertainment Expo (E3)
Suasana pameran game E3 (Video Games Chronicle)
Jakarta -

Setelah absen pada 2020, pameran game Electronic Entertainment Expo (E3) akan digelar tahun 2021. Namun sayang, event tidak dapat digelar offline.

Dikutip detikINET dari VGC, Selasa (2/3/2021) dalam laporan baru yang diterbitkan oleh Dewan Komisi Pembangunan Pariwisata dan Konvensional Los Angeles, menyatakan acara live E3 2021 dibatalkan. Situasi pandemi Corona yang belum benar-benar pulih menjadi pertimbangan utamanya.

E3 rencananya dilaksanakan pada 15 Juni 2021 dan Entertainment Software Association (ESA) selaku peyelenggara sedang menyusun solusi acara ini secara online. Mereka akan bekerja sama dengan LA Live/LACC untuk melakukan broadcast. Pihaknya pun juga mencoba mengurus izin menggelar E3 pada tahun 2022 dan 2023.

"Kami mengonfirmasi bahwa pengalaman E3 berubah untuk tahun 2021 dan akan segera membagikan detail yang tepat mengenai cara kami menyatukan komunitas global video game," kata juru bicara ESA dikutip detikINET dari IGN.

Pembatalan ini menjadi kali kedua setelah pada 2020 E3 tidak jadi selenggarakan. Tekanan yang diterima ESA juga datang ketika developer besar seperti Sony, EA dan Activision memilih untuk tidak tampil di E3 pada beberapa tahun terakhir. Setelah itu banyak perusahaan seperti EA dan Ubisoft sukses menjalan acara digital mereka.

Sedikit informasi, E3 adalah konferensi video game yang diadakan di Los Angeles, Amerika Serikat. Konsep yang mereka tawarkan yakni informasi terbaru dari dunia video games.

E3 memberikan peluang bagi perusahaan video game, mulai dari publisher dan developer besar hingga yang kecil untuk memamerkan produk mereka kepada pengunjung di seluruh dunia. Mereka menghubungkan para pemimpin video game dengan penggemar, jurnalis, analis, investor dan publik.

Acara ini memiliki pengaruh yang luar biasa bagi kemajuan industri game. Walaupun hanya berlangsung selama 7 hari, dampaknya meluas sepanjang tahun karena menarik banyak peserta baru dari industri game, maupun yang tidak, dikutip detikINET dari (ESA).

Semoga E3 2021 menyajikan banyak informasi game baru yang lebih banyak dari publisher dan developer pada 15 Juni 2021.



Simak Video "Mantap! Popularitas 'Squid Game' di YouTube Kalahkan 'Game of Thrones'"
[Gambas:Video 20detik]
(hps/fay)