Bukan Asal Main, Ini Cara Menghasilkan Uang dari Game Online

Bukan Asal Main, Ini Cara Menghasilkan Uang dari Game Online

Abu Ubaidillah - detikInet
Selasa, 23 Feb 2021 22:00 WIB
Yamaha Webseries
Foto: Yamaha Webseries
Jakarta -

Di era serba digital ini, banyak orang mencoba peruntungan untuk menghasilkan uang dengan cara yang anti-mainstream. Salah satunya adalah dengan bermain game online.

Namun seorang gamer mungkin kadang melupakan hal terpenting, yaitu strategi menghasilkan uang dari bermain game. Sehingga, mereka hanya main terus-menerus tanpa menghasilkan sepeser uang pun.

Tidak hanya asal dimainkan, ada beberapa strategi yang perlu diperhatikan untuk benar-benar menghasilkan uang dari game online, apa saja? Berikut ulasannya seperti dilansir dari The Street.

1. Jadi Streamer di YouTube

Salah satu cara menghasilkan uang dari game online adalah dengan menjadi streamer di YouTube dengan channel yang telah dihubungkan ke program afiliasi Google AdSense. Setiap gamer pasti mengenal PewDiePie, dia adalah seorang YouTuber gaming paling terkenal di dunia. Tapi, bagaimana dia bisa seterkenal itu?

Selain rutin meng-upload konten gaming terbaru, ia juga rajin mempromosikan videonya. Ya, walaupun saat ini ia sudah tidak lagi melakukan promosi karena subscriber-nya sudah sangat banyak, tapi bagi streamer game pemula, promosi ini sangat penting, apalagi ditambah dengan keunikan konten yang dibuat.

2. Bagikan Tutorial Bermain Game

Selain membagikan konten streaming game di YouTube, kamu juga bisa menghasilkan uang dengan membagikan konten video lainnya, salah satunya adalah tentang tutorial bermain game. Tutorial ini tentunya akan diminati, terutama bagi mereka yang masih awam di dunia gaming.

Namun pastikan channel YouTube kamu telah terhubung dengan Google AdSense. Sementara untuk menghasilkan banyak uang, kamu juga harus membuat banyak orang melihatnya karena semakin banyak yang melihat, semakin banyak uang yang kamu dapatkan.

3. Ikut Kompetisi Game

Cara ketiga adalah mengikuti kompetisi game online yang kerap diselenggarakan. Bila berhasil menjadi salah satu pemenang, nama kamu akan semakin disegani dan bahkan akan ada undangan untuk mengikuti kompetisi lainnya.

Namun meski kompetisinya hanya bermain game, jangan dianggap remeh. Ada banyak pro gamers dari seluruh penjuru negeri bahkan seluruh dunia yang akan menghancurkan mimpimu, untuk itu persiapkanlah skill gaming dengan matang.

4. Kerja Sama dengan Sponsor

Bila kamu sudah terkenal dengan catatan memiliki banyak subscriber YouTube atau menjadi pro gamer dengan menjuarai berbagai kompetisi, saat ini mungkin akan ada banyak tawaran sponsorship dengan produsen produk gaming, seperti kursi gaming, headset gaming, komputer, mouse, hp, dan sebagainya.

Kamu diminta me-review produk mereka saat bermain game dan mengunggahnya ke channel YouTube atau media sosial. Tentunya ini akan menjadi sumber penghasilan tambahan yang menguntungkan untuk kamu.

Demikian cara yang tepat untuk menghasilkan uang dari main game online. Jadi tidak hanya main-main saja ya, namun ada strategi atau hal-hal yang perlu diperhatikan.

Jangan sampai kasusnya seperti kasus salah seorang game enthusiast, Ciko. Sudah yakin dia bisa menghasilkan uang dari main game, tapi sampai lulus kuliah dia terus-terusan jadi game enthusiast saja tanpa menghasilkan uang.

Sampai-sampai ia membuat ayahnya kesal bukan main, karena ditawari kerja kantoran dia tidak mau. Masalah tambah pelik ketika pacarnya, Clara meminta untuk segera menikah, padahal ia belum punya penghasilan tetap.

Penasaran dengan kisah Ciko? Kamu bisa menontonnya di acara Yamaha Webseries berjudul Di Antara Dua yang ditayangkan di 20detik atau YouTube detikcom.

(akn/fay)