Laku Keras di Dunia, PS5 Malah Loyo di Jepang

Laku Keras di Dunia, PS5 Malah Loyo di Jepang

Yudistira Perdana Imandiar - detikInet
Kamis, 07 Jan 2021 20:33 WIB
PS5
PS5. Foto: istimewa
Tokyo -

Momen kelahiran PlayStation 5 atau PS5 melahirkan euforia bagi penggemar game konsol di berbagai penjuru dunia dan laris manis. Lantas, apakah penjualan PS5 juga digdaya di Jepang sebagai kampung halaman Sony?

Penjualan PS5 di Jepang pada pekan perdana peluncurannya November silam, memang jauh lebih unggul dari Xbox Series X dan Series S. Dalam empat hari pertama, Sony telah melego 118 ribu unit PS5 sedangkan penjualan kumulatif Xbox terbaru tercatat hanya 21 ribu dalam 6 hari awal.

Namun situasi berbeda jika membandingkan grafik penjualan PS5 dengan seri Playstation terdahulu di Jepang. Dikutip detikINET dari Games Radar, Kamis (7/1/2021) menurut laporan Gamesindustry.biz.japan yang diterjemahkan oleh Resetera, penjualan PS5 di 6 minggu pertama tercatat kedua paling rendah dibanding seri PlayStation lain dalam rentang waktu serupa.

Capaian penjualan 240 ribu unit PS5 dalam 6 minggu pertama hanya lebih baik dari penjualan PSP di Negeri Sakura. Sementara itu, di pekan pertama peluncurannya PS4 sudah terjual 300 ribuan unit.

Analis Ace Economic Research Institute Hideki Yasuda menyebut rendahnya capaian penjualan itu mengindikasikan Sony tak benar-benar serius memprioritaskan Jepang sebagai pasar utama penjualan PS5.

Argumen Yasuda diperkuat dengan beberapa faktor lain, seperti tidak adanya narasi Bahasa Jepang dalam video peluncuran PS5. Selain itu, alokasi unit PS5 yang disediakan di Jepang saat peluncurannya juga dibatasi dengan dalih keterbatasan jumlah produksi.

Hubungan Sony dengan Jepang memang sedikit merenggang belakangan ini. Ada berbagai hal yang memicu kondisi tersebut, salah satu yang paling utama yakni keputusan Sony memindahkan markas besar Sony Interactive Entertainment (SIE) dari Tokyo ke California, Amerika Serikat.

Namun, pihak Sony selalu menegaskan Jepang tetap menjadi prioritas utama mereka. Keunggulan penjualan PS5 dibandingkan seri terbaru Xbox di Jepang merupakan pertanda PlayStation masih menjadi pilihan utama di Jepang.

Sony juga optimis penjualan global PS5 akan meroket seiring dengan keberhasilan penjualan 2 juta unit di hari pertama. CEO Sony Interactive Entertainment, Jim Ryan, juga menegaskan angka penjualan PS5 akan melampaui PS4. Ia memperkirakan ada 7 juta unit PS5 terjual sampai dengan April 2021.



Simak Video "Perilisan PS5 di India Terhalang Masalah Merek Dagang"
[Gambas:Video 20detik]
(fyk/fay)