Penjualan PS5 Pecahkan Rekor di Amerika Serikat

Penjualan PS5 Pecahkan Rekor di Amerika Serikat

Josina - detikInet
Sabtu, 19 Des 2020 19:10 WIB
PlayStation 5
PlayStation 5. Foto: Sony Interactive Entertainment
Jakarta -

Sejak peluncuran, konsol game Sony PlayStation 5 menjadi barang langka dan terjual habis di mana-mana, bahkan kadang dalam hitungan menit. Malah kepopuleran PS5 baru-baru ini dilaporkan telah memecahkan rekor karena memiliki penjualan tertinggi di Amerika Serikat hanya dalam waktu satu bulan.

Dilansir detikINET dari Business Insider, menurut firma analisis pasar NPD Group, PS5 telah memulai penjualan dengan awal yang besar. Peluncurannya pada pertengahan bulan November memecahkan rekor penjualan konsol game terbesar saat masa awal peluncuran, dalam sejarah di Amerika Serikat.

"PlayStation 5 mencapai penjualan unit bulanan tertinggi saat peluncuran dan juga dalam nilai penjualan dolar untuk platform perangkat keras video game dalam sejarah AS," kata analis industri video game NPD, Mat Piscatella. PlayStation 5 pun mampu mengalahkan PS4 yang memegang rekor ini sebelumnya.

Tak dijelaskan bagaimana penjualan PS5 dibandingkan dengan pesaing Xbox Series S dan Series X milik Microsoft. Akan tetapi menurut situs web penjualan StockX, PS5 telah mengalahkan penjualan konsol Xbox hampir dua banding satu.

"Konsumen menghabiskan USD 1,4 miliar pada bulan November yang merupakan rekor dalam hardware video game, peningkatan 58% dibandingkan tahun silam. Pertumbuhan dipicu oleh peluncuran PS5 dan Xbox," kata Mat.

Di luar konsol game Microsoft dan Sony, Nintendo Switch juga menikmati penjualan bulan November yang besar di mana malah lebih banyak konsol Switch laku pada bulan November daripada PlayStation 5 atau konsol Xbox baru. Mungkin karena stok kedua konsol itu masih terbatas di samping penjualan Switch juga dipadukan dengan versi Lite.

Penguasaan pasar bulan November membuat dominasi penjualan Switch menjadi rekor dua tahun berada di posisi teratas. Switch menjadi konsol terlaris setiap bulan berdasarkan unit yang terjual, selama 24 bulan berturut-turut.



Simak Video "Bongkar Jeroan Ajaib PlayStation 5"
[Gambas:Video 20detik]
(jsn/fyk)