Game Tirta Asal Bandung Cari Partner Developer - Halaman 2

Game Tirta Asal Bandung Cari Partner Developer

Siti Fatimah - detikInet
Selasa, 17 Nov 2020 20:09 WIB
Tirta, game lokal akan hadir di PS5
Game 'Tirta' buatan Bandung (Foto: IGN)

Tantangan pengembangan game Tirta

Selain memperlihatkan keindahan Bali dalam game, Agate juga memiliki misi untuk memperkenalkan kepada dunia bahwa Indonesia memiliki talenta pengembang game dan berkemampuan dalam mengembangkan game yang dapat dinikmati oleh khalayak luas.

VP of Consumer Games Agate Cipto Adiguna menambahkan, tantangan dalam pengembangan game ini terdapat pada proses pembentukan pipeline, desain, dan mekanisme gameplay.

"Tantangan dalam pembuatan game ini, karena game ini merupakan genre baru yang sedang kami garap, sehingga dalam proses pengembangannya, kami sangat berhati-hati dalam pembentukan pipeline, desain, dan juga mekanisme gameplay," katanya.

Tirta yang akan membawakan tema dan cerita yang unik bagi dunia merupakan game kolaboratif antara Agate dan Telkom. Agate sendiri selama sebelas tahun perjalanan telah memiliki ratusan crew, 300 judul game yang menjangkau lebih dari 5 juta pemain di seluruh dunia, serta lebih dari 20 penghargaan baik dari dalam maupun luar negeri.

Sementara itu, Telkom melalui Oolean berinisiatif untuk membuat game karya anak bangsa yang dapat dinikmati dan dipamerkan ke skala internasional. Oolean telah mengembangkan ekosistem pengembangan game lokal lewat inkubator, institusi pendidikan dan komunitas pengembangan game.

Melalui kolaborasi ini, Game Tirta diharapkan dapat menunjukkan taring para talenta developer Indonesia, serta membantu membangun ekosistem game di Indonesia. Tirta telah dirancang sejak akhir 2018, dan secara teknis mulai dibuat pada awal 2019.

"Sampai saat ini, game Tirta masih pada tahap pengembangan awal, sehingga untuk platform yang digunakan serta tanggal perilisan pun belum dapat diinformasikan," pungkasnya.

Sebelumnya, situs berita game IGN pernah memberitakan kalau Tirta diproyeksikan untuk rilis di PS5 dan Nintendo Switch. Meski dalam tahap pengembangan, Tirta sudah mendapatkan perhatian dari luar negeri. Semoga sukses ya!



Simak Video "Game Indonesia 'Tirta' Bakal Tersedia di PS5"
[Gambas:Video 20detik]
(fay/fay)