PS5 Bisa Makan Korban di Seluruh Dunia, Bahaya!

PS5 Bisa Makan Korban di Seluruh Dunia, Bahaya!

Rachmatunnisa - detikInet
Sabtu, 14 Nov 2020 05:30 WIB
PS5
PS5. Foto: Istimewa
Jakarta -

Penjahat cyber memanfaatkan momen peluncuran konsol game terbaru Sony, PlayStation 5 (PS5) untuk menjerat korban di seluruh dunia. Kalian harus waspada!

"Phisher dan scammer semakin tertarik memanfaatkan peluncuran PlayStation 5 untuk mengeruk keuntungan," kata firma keamanan cyber Kaspersky.

Dikutip dari The Hindu Business Line, di bulan Oktober saja, Kaspersky menemukan hampir 130 tautan website mencurigakan yang menyebut PS5 sebagai modus menjerat korban.

"Website-website ini terutama menawarkan kesempatan kepada pengunjung untuk memesan PS5 dengan melakukan pembayaran di muka atau dengan meninggalkan informasi pribadi. Beberapa halaman website bahkan menawarkan pembelian konsol dengan harga yang lebih rendah daripada harga resminya," kata Kaspersky.

Beberapa sumber juga mengklaim memiliki harga jual khusus PlayStation 4 sebagai iming-iming diskon menjelang kemunculan PS5. Tentu saja iming-iming ini hanya modus untuk menjerat korban.

"Kami ingin mengingatkan pengguna bahwa jika menemukan hal yang berlebihan dan tidak masuk akal di internet, waspada kalau itu mungkin scam," kata pakar keamanan Kaspersky, Tatyana Sidorina.

"Pesan dan tautan terkait penjualan dan pre order harus dicek ke sumber yang dapat dipercaya, dan kami menyarankan agar tidak mengklik tautan dari email atau pesan yang mencurigakan di messenger dan jejaring sosial. Disarankan juga untuk memasang software keamanan dengan basis data terkini dari sumber phishing dan spam," tambahnya.

PS5 mulai dipasarkan di berbagai negara pada 12 November. Namun demikian, gamer yang sudah menantikannya harus siap-siap kecewa karena konsol game ini sangat diburu sehingga cepat ludes.

Amerika Utara, Jepang, Meksiko, Australia, Selandia Baru dan Korea Selatan adalah pasar pertama yang kebagian PS5, berlanjut pada tanggal 19 November di negara-negara lainnya. Dijual secara online karena pandemi Corona, PS5 saat ini sudah mulai sulit dicari.

Sony berjanji akan berusaha keras menyediakan lebih banyak stok PS5. Peminat di Indonesia sendiri harus menunggu lebih lama. Sony memastikan PS5 di Indonesia meluncur pada 22 Januari 2021. Harga PS5 pun sudah diungkap.

Di Indonesia, Sony menyebut akan menjual PS5 Digital Edition dengan harga Rp 7,3 juta dan PS5 versi Blue ray dengan harga Rp 8,7 juta. Pemesanannya sendiri akan dibuka sejak 18 Desember 2020, namun waktunya akan tergantung tempat pemesanannya, online ataupun offline.

Dalam keterangan tersebut Sony juga membeberkan sejumlah peritel yang menerima pemesanan PS5 nantinya. Termasuk toko milik Sony, yaitu Sony Center Grand Indonesia, dan 24 peritel lain yang tersebar di Jabodetabek, Bali, Bandung, dan Medan.



Simak Video "Bongkar Jeroan Ajaib PlayStation 5"
[Gambas:Video 20detik]
(rns/rns)