PS5 Populer Banget, Xbox Series X Kalah Telak

PS5 Populer Banget, Xbox Series X Kalah Telak

Fino Yurio Kristo - detikInet
Minggu, 01 Nov 2020 17:05 WIB
YouTuber gaming yang memamerkan wujud asli PS5.
PS5. Foto: Screenshoot
Jakarta -

PlayStation 5 atau PS5 akan bertarung dengan Xbox Series X dalam memperebutkan supremasi di jagat konsol game. Sejauh ini dalam hal popularitas, PS5 terindikasi unggul sangat jauh dari Xbox Series X.

Penelitian dari Rise at Seven terhadap pencarian Google mengungkap bahwa PS5 jauh lebih dicari ketimbang Xbox Series. Dari data 161 negara, pencarian tentang PS5 unggul di 148 negara, sisanya dipegang Xbox Series X.

Di Amerika Serikat tempat asal Xbox Series X, pencariannya mencapai 43,02%, di bawah PS5 yang sebesar 56,89%. Di Inggris, PS5 unggul dengan 57,28% dan Xbox sebesar 42,72%.

Menariknya, negara di mana Xbox Series X paling populer adalah Afghanistan dengan 90,72% pencarian. Sedangkan fans terbesar PS5 ada di Maladewa dengan 99,74%, diikuti Dominika dengan 99,12% dan Jepang dengan 98,94%.

Melihat respons awal pasar, PS5 memang terindikasi akan laris manis. Sedangkan Xbox Series X sejauh ini belum terlihat tanda-tandanya. Berdasarkan data penjualan di masa silam, Sony memang boleh merasa optimistis.

"PlayStation telah mendominasi pasar konsol dalam beberapa tahun, di mana angka penjualan PS4 jauh melebihi Xbox One. Di seluruh dunia, 113,7 jta PS4 terjual pada para gamer, lebih dari dua kali lipat angka 48,38 juta Xbox One," tulis Rise at Seven.

PS5 memang sudah diproyeksi beberapa analis kembali bakal menang telak. laporan dari DFC Intelligence menyebutkan prediksi itu, di mana PS5 bakal terjual dua banding satu dibandingkan Xbox Series X. Lantas, apa penyebabnya?

"Microsoft mencoba yang terbaik dengan Xbox Series X, tapi beberapa bulan belakangan mereka jauh di belakang Sony. Preferensi brand dengan kuat mengarah ke PlayStation. Sebagai sebuah hardware, tidak ada yang bisa dilakukan Xbox Series X untuk mengubah persepsi itu," tulis mereka.

"Sony juga kekuatan global di video game. Microsoft hanya kuat di pasar negara berbahasa Inggris. Xbox tidak hadir di Jepang dan lemah di kebanyakan negara Eropa. Kekuatan Sony dalam distribusi elektronik global terlalu kuat untuk ditandingi Microsoft," tambah DFC. PS5 pun diperkirakan melenggang dengan mulus.



Simak Video "Perilisan PS5 di India Terhalang Masalah Merek Dagang"
[Gambas:Video 20detik]
(fyk/fay)