RRQ Kingdom, Fanbase Esports yang Gencar Sebarkan Semangat Positif

RRQ Kingdom, Fanbase Esports yang Gencar Sebarkan Semangat Positif

Irna Gayatri - Content Writer RRQ - detikInet
Rabu, 28 Okt 2020 11:45 WIB
RRQ Kingdom Fanbase Tim Esports RRQ
Foto: (RRQ Kingdom)
Jakarta -

Sebagaimana olahraga lainnya, keberadaan fanbase atau basis penggemar dalam esports juga sudah menjadi hal yang biasa. Fanbase yang kuat sudah seperti satu kesatuan untuk tim-tim yang bertanding. Setiap pertandingan jadi ramai karena fanbase yang solid dan selalu siap mengerahkan massa untuk mendukung tim yang bertanding.

Tim esports pun kini punya fanbase yang cukup kuat dan solid. Salah satunya yang dikenal loyal dengan jumlah anggota yang besar adalah RRQ Kingdom, fanbase Team RRQ yang dijuluki 'Raja dari Segala Raja'. RRQ Kingdom dibentuk pada 22 Oktober 2019, tepat di hari jadi Team RRQ yang ke-6. RRQ Kingdom diciptakan sebuah wadah agar para fans bisa saling berkomunikasi, berbagi informasi, serta mengekspresikan rasa cinta dan dukungan mereka kepada Team RRQ. Nama RRQ Kingdom dipilih agar sejalan dengan identitas Team RRQ sebagai 'Raja'.

Di RRQ Kingdom, para penggemar Team RRQ bisa berdiskusi, sharing, bisa mabar (main bareng), atau nobar (nonton bareng) saat ada pertandingan. Menggunakan platform Discord, RRQ Kingdom juga selalu menyajikan kegiatan menarik, mulai dari meet n greet dengan player Team RRQ, bonding antar sesama fans, turnamen esports rutin khusus anggota RRQ Kingdom, hingga kompetisi yang mengedepankan kreativitas seperti fan art competition. Bahkan, saat game Among Us sedang hits, para anggota RRQ Kingdom juga ramai mabar Among Us.

Di tengah pandemi seperti sekarang, acara meet and greet memang sulit diadakan. Namun, bonding dengan sesama anggota selalu digelar, misalnya dengan membuat acara 'Kamis Horror' di Discord. Ketika musim turnamen, dukungan juga terus disuarakan. Saat Grand Final MPL ID Season 6 lalu, RRQ Kingdom juga menjalankan kampanye GEMPUR! atau Gerakan Mendukung Positif Untuk RRQ! yang merupakan gerakan massive bagi para penggemar untuk mendukung RRQ Hoshi.

RRQ Kingdom Fanbase Tim Esports RRQRRQ Kingdom (Team RRQ)

Dengan basis penggemar yang besar, RRQ Kingdom juga terkenal dengan kampanye positifnya di media sosial. Ketika media sosial digunakan sebagai alat untuk menghujat atau menghina tim satu sama lain, RRQ Kingdom menjalankan kampanye 'Stop Menghina, Mari Berkarya'. Kampanye ini diinisiasi sebagai langkah Team RRQ menciptakan ekosistem esports yang positif dan sportif.

Andika Marta, Community and Event Manager Team RRQ, mengungkapkan bahwa 'Stop Menghina Mari Berkarya' diciptakan untuk menyebarkan semangat positif. Dimulai dari RRQ Kingdom, kampanye ini diharapkan bisa berdampak juga kepada fanbase lain atau bahkan masyarakat umum. Berbekal basis RRQ Kingdom yang sudah besar, "Stop Menghina, Mari Berkarya" sebenarnya awalnya ditujukan untuk ranah Mobile Legends yang saat itu masih penuh dengan fans toxic.

"Ini, tuh, sebetulnya sebuah kampanye atau gerakan buat bikin fans atau komunitas Mobile Legends ini nggak toxic. Karena aku merasa Kingdom ini besar dan punya power, aku merasa bahwa Kingdom bisa berkontribusi di titik itu," kata Andika.

RRQ Kingdom Fanbase Tim Esports RRQFoto: (MPL Indonesia)

Andika juga menambahkan, motif utama menciptakan 'Stop Menghina, Mari Berkarya' adalah untuk RRQ Kingdom agar penggemar Team RRQ tidak menghina tim lain. Kampanye ini juga menjadi standar berperilaku bagi anggota RRQ Kingdom. Efek sampingnya diharapkan bisa dirasakan juga oleh orang lain dan tim lain. Andika juga merasa 'Stop Menghina, Mari Berkarya' bisa menjadi kampanye besar yang nantinya akan diikuti banyak pihak.

Sayangnya, Andika mengungkapkan bahwa dirinya tetap tidak bisa memantau seluruh anggota RRQ Kingdom. Namun, edukasi terhadap anggota RRQ Kingdom dan para penggemar Team RRQ lainnya yang tidak tergabung dengan RRQ Kingdom juga terus dilakukan. Di setiap kegiatan di Discord, RRQ Kingdom selalu menyampaikan pesan agar jangan menjadi fans yang toxic. Imbauan itulah yang dimaksimalkan di setiap kesempatan. Ditambah dengan hashtag dan kampanye 'Stop Menghina, Mari Berkarya' yang ramai digaungkan di media sosial, akhirnya ini tindakan mendukung positif ini menjadi identitas RRQ Kingdom.

Untuk RRQ Kingdom selanjutnya, Andika berharap RRQ Kingdom bisa tersebar hingga ke seluruh Indonesia dan membuktikan diri sebagai fanbase esports terbesar di Indonesia. RRQ Kingdom memang telah menunjukkan kebesarannya ketika mencetak rekor untuk Team RRQ sebagai tim dengan penonton terbanyak di setiap pertandingan. Namun, dengan fanbase yang menjangkau seluruh Indonesia, Team RRQ berharap bisa lebih dekat dengan para penggemarnya.

Artikel ini merupakan kerja sama antara detikINET dengan RRQ.



Simak Video "Belum Optimal, Bos RRQ Dorong Pemerintah Benahi Ekosistem eSports"
[Gambas:Video 20detik]
(fay/fay)