CEO Epic Game: Apple Jadi Apa yang Dibenci 30 Tahun Lalu

CEO Epic Game: Apple Jadi Apa yang Dibenci 30 Tahun Lalu

Adi Fida Rahman - detikInet
Senin, 14 Sep 2020 07:05 WIB
BROOKLYN, NY - AUGUST 09:  CEO of Epic Games Tim Sweeney speaks onstage during Samsung Unpacked New York City at Barclays Center on August 9, 2018 in Brooklyn City.  (Photo by Mike Coppola/Getty Images for Samsung)
Foto: Getty Images
Jakarta -

Apple dan Epic Game sepertinya belum akan mencapai titik damai. Perang komentar makin memanaskan perseteruan kedua belah pihak

CEO Epic Game Tim Sweeney belum lama ini membalas pernyataan Apple soal kompensasi atas pelanggaran kontrak di akun Twitternya. Dia mengatakan jika Apple mengira sengketa distribusi App Store dan monopoli pembayaran 'hanya perselisihan berdasarkan uang', maka perusahaan yang dipimpin oleh Tim Cook itu telah kehilangan semua pandangan tentang prinsip-prinsip dasar industri teknologi.

Sweeney lanjut mengatakan Apple telah melakukan ekspansi berlebihan dengan mengendalikan perangkat konsumen. Padahal semua pengguna harus dapat menginstal perangkat lunak dengan bebas, dan semua pengembang dapat membuat dan berbagi aplikasi sesuai keinginan.

Bos Epic Game itu kemudian menyinggung soal iklan Epic 'Nineteen Eighty-Fortnite'. Dia menjelaskan bahwa iklan ini dibuat untuk menunjukkan bahwa Apple sekarang menggantikan IBM sebagai perusahaan 'maha kuasa' yang mereka takuti 30 tahun lalu dan 'menggunakan posisi ini untuk menjalankan kendali dan memeras uang.' Video berdurasi satu menit itu memang menampilkan sarkasme dari video iklan yang dibuat Apple tahun 1984 soal monopoli IBM di pasar komputer.

[Gambas:Youtube]



[Gambas:Youtube]



Sweeney kembali mengulangi beberapa alasan Epic Games menentang kebijakan Apple App Store, itu lebih pada memperjuangkan kepentingan pencipta. Ditegaskannya ketidaksepakatan ini bukan tentang uang, toh Epic tidak meminta kompensasi uang. "Ini perjuangan yang lebih mendasar untuk perubahan," tegasnya.

Saat ini, akun pengembang Epic Games dengan Apple telah dihentikan. Mereka telah mengajukan ke pengadilan guna mengizinkan Fortnite untuk kembali ke App Store dan memulihkan akses ke akun pengembangnya.

Di saat yang sama, Epic Games juga menolak untuk menghapus opsi pembayaran langsung, tetapi ini melanggar kebijakan App Store Apple. Sidang pendahuluan akan diadakan akhir bulan ini.



Simak Video "Pengguna Apple Tak Bisa Mainkan Season Terbaru Fortnite"
[Gambas:Video 20detik]
(afr/afr)