Nintendo Switch Pro Dirumorkan Meluncur Tahun Depan

Nintendo Switch Pro Dirumorkan Meluncur Tahun Depan

Virgina Maulita Putri - detikInet
Selasa, 25 Agu 2020 22:09 WIB
Perusahaan raksasa game konsol, Nintendo bakal menyetop produksi salah satu seri gamenya yang dirakit di China, yaitu Nintendo Switch imbas memanasnya perang dagang. Ini penampakannya.
Nintendo Switch Pro Dirumorkan Meluncur Tahun Depan (Foto: Businessinsider)
Jakarta -

Nintendo dikabarkan akan meluncurkan Switch generasi baru yang membawa sejumlah peningkatan. Konsol portabel hybrid ini dirumorkan akan mulai diproduksi pada akhir tahun ini dan akan meluncur pada awal 2021.

Kabar ini datang dari Economic Daily News dan Bloomberg. Switch terbaru ini dikabarkan akan menjadi versi 'pro' yang telah lama dirumorkan karena akan mengusung banyak peningkatan dari segi performa.

Dikutip detikINET dari The Verge, Selasa (25/8/2020) Bloomberg mengatakan Nintendo berencana menambahkan tenaga yang lebih besar dan grafis 4K berdefinisi tinggi. Sementara itu Economic Daily News menyebut Nintendo akan menghadirkan visual yang lebih menarik.

Kabar soal kehadiran Switch Pro sebenarnya telah beredar sejak akhir 2019. Tapi rumor ini kemudian mencuat lagi pada Januari 2020 setelah Presiden Nintendo Shuntaro Furukawa mengatakan gamer jangan berharap akan ada Switch versi baru yang meluncur sebelum akhir tahun.

Jika rumor ini benar, maka ini adalah pertama kalinya Nintendo memberikan upgrade performa yang signifikan untuk Switch. Tahun lalu Nintendo memang meluncurkan dua model Switch baru, tapi model ini tidak menawarkan peningkatan performa.

Hardware original Switch dibangun menggunakan SoC Nvidia Tegra X1 yang pertama kali diumumkan lebih dari lima tahun yang lalu. Teknologi prosesor mobile sudah semakin canggih sejak itu, jadi ada banyak ruang untuk mendongkrak performa Switch.

Berdasarkan informasi Bloomberg, Switch model baru ini akan meluncur bersamaan dengan lini game yang lebih menarik. Nintendo memang belum mengumumkan game-game besar untuk musim libur Natal tahun ini, karena publik lebih fokus pada PlayStation 5 dan Xbox Series X.

Tapi Nintendo memiliki beberapa game yang masih dikembangkan sejak diumumkan beberapa tahun yang lalu, seperti sekuel untuk Legend of Zelda: Breath of the Wild. Jadi cukup masuk akal kalau game-game flagship ini diumumkan berbarengan dengan Switch yang lebih bertenaga.

Di tahun 2020, Switch tetap laris manis dengan Animal Crossing: New Horizons mendorong jutaan gamer untuk membeli konsol ini. Hingga akhir Juli ini, Nintendo sudah menjual lebih dari 61 juta unit Switch.



Simak Video "Ini Nih Tampilan Nintendo Switch Lite yang Lebih Kecil dan Praktis"
[Gambas:Video 20detik]
(vmp/fay)