Ada Fitur 'Healthy Gameplay System' di PUBG Mobile, Apa Itu?

Ada Fitur 'Healthy Gameplay System' di PUBG Mobile, Apa Itu?

Anggoro Suryo Jati - detikInet
Selasa, 21 Jul 2020 21:10 WIB
PUBG Mobile hadirkan fitur Healthy Gameplay System
Ada Fitur 'Healthy Gameplay System' di PUBG Mobile (Dok. PUBG Mobile)
Jakarta -

PUBG Mobile membawa fitur baru ke game populer tersebut, yaitu Healthy Gameplay System. Fitur apa sih ini?

Menurut PUBG Mobile, Healthy Gameplay System bisa menghadirkan pengalaman bermain game yang tetap kompetitif secara seimbang dan bertanggung jawab. Fiturnya sendiri sudah diuji coba di India sejak Maret 2020 lalu, dan kini dibawa ke Indonesia.

Fitur ini bakal memberikan pengingat kesehatan ke para pemain PUBG Mobile, tujuannya agar pemain ingat untuk beristirahat ketika sudah bermain dalam waktu lama. Dalam fitur ini juga PUBG Mobile menambahkan beberapa tahapan agar bisa menyesuaikan notifikasi sesuai dengan umur si pemain.

"Kami memperkenalkan sistem gameplay yang sehat di Indonesia untuk mempromosikan game yang seimbang dan bertanggung jawab, termasuk membatasi waktu bermain untuk pemain di bawah umur," Head of PUBG Mobile Asia Tenggara Gaga Li dalam keterangan yang diterima detikINET.

Berikut adalah tahapan dalam menggunakan fitur 'Healthy Gameplay System' di PUBG Mobile:

Pada saat login untuk bermain PUBG Mobile di smartphone, fitur 'Healthy Gameplay System' akan muncul dan menanyakan apakah usia calon pemain di bawah 18 tahun. Calon pemain harus menjawab 'ya' atau 'tidak', yang kemudian akan diikuti oleh sebuah catatan mengenai hal bermain game yang sehat, yang selanjutnya, calon pemain akan diminta untuk membaca catatan tersebut secara rinci dan mengkonfirmasi bahwa ia telah mengerti apa yang telah dibacanya.

PUBG Mobile hadirkan fitur Healthy Gameplay SystemPUBG Mobile hadirkan fitur Healthy Gameplay System Foto: Dok. PUBG Mobile

Fitur 'Healthy Gameplay System' akan bekerja dalam 2 sistem pengingat waktu yang berbeda, yaitu:

  • Saat pemain telah bermain selama total 4 (empat) jam dalam sehari, maka pemain yang berusia diatas 18 tahun, dapat terus melanjutkan permainannya. Apabila pemain berusia di bawah 18 tahun, maka notifikasi akan muncul selama 5 detik dan mendorong pemain untuk beristirahat sebelum melanjutkan ke permainan berikutnya.
  • Bagi pemain yang masih ingin melanjutkan permainan, dapat menutup notifikasi tersebut dan notifikasi akan kembali muncul dalam 1 jam kedepan dan kembali menyarankan pemain untuk beristirahat terlebih dahulu.
  • Saat pemain telah bermain selama total 6 (enam) jam dalam sehari, untuk pemain yang berusia di atas 18 tahun atau lebih, akan mendapat notifikasi selama 5 detik, yang mengingatkan pemain untuk mengambil waktu istirahat. Namun, apabila ia masih mampu bermain, maka ia dapat menutup notifikasi tersebut dan terus bermain.
  • Notifikasi akan kembali muncul dalam 2 jam ke depan dan kembali menyarankan pemain untuk beristirahat terlebih dahulu. Untuk pemain berusia di bawah 18 tahun, notifikasi akan muncul setiap dua jam mulai dari jam keenam dan seterusnya. Sistem akan meminta pemain untuk beristirahat selama lima belas menit sebelum melanjutkan untuk bermain lagi.
  • Apabila pemain masuk lagi dalam waktu kurang dari lima belas menit sejak notifikasi peringatan diberikan, maka pemain tidak dapat bergabung dalam permainan dan harus menunggu hingga lima belas menit tersebut usai.

Tujuan dari diaktifkannya fitur 'Healthy Game System' adalah selain untuk memberikan pengalaman terbaik kepada para pemain, juga menunjukkan kepedulian Tencent Game terhadap kesehatan para penggemar dan komunitas PUBG Mobile di Indonesia, untuk bijak mengatur waktu dan bertanggung jawab terhadap diri sendiri ketika bermain.



Simak Video "Makin Eksis, PUBG Raup Pendapatan Terbesar Dunia"
[Gambas:Video 20detik]
(asj/fay)