Game di PS5 dan Xbox Series X Bakal Sangat Sinematik

Game di PS5 dan Xbox Series X Bakal Sangat Sinematik

Anggoro Suryo Jati - detikInet
Senin, 06 Jul 2020 23:00 WIB
PlayStation 5
Game di PS5 dan Xbox Series X Bakal Sangat Sinematik (Foto: Sony Interactive Entertainment)
Jakarta -

Chief Technology Officer Epic Games Kim Liberi memberi bocoran kualitas gambar yang bakal ditampilkan dalam game di PlayStation 5 (PS5) dan Xbox Series X.

Menurut Liberi, game di kedua konsol generasi baru itu yang menggunakan Unreal Engine 5 bakal mempunyai kualitas layaknya sebuah film. Hal ini diutarakannya dalam sebuah wawancara dengan Official PlayStation Magazine U.K.

"Ini seperti mimpi saya selama ini di mana grafis komputer secara realtime, dan game tertentu, bakal terlihat sangat realistis seperti sebuah film," ujar Liberi.

"Kemampuan grafis generasi selanjutnya dan kemampuan pemrosesan tak hanya membuat game menjadi lebih imersif, namun juga membuat konsep gameplay baru bisa terwujud dengan memanfaatkan lingkungan dan pencahayaan yang sangat dinamis, fisik yang semakin baik, AI yang lebih pintar, dan pengalaman bermain secara multiplayer yang lebih bagus," tambahnya.

Liberi pun mengomentari kolaborasi Epic Games dengan serial TV The Mandalorian, yang menggunakan efek visual Unreal Engine, sebagai contoh bagaimana video game dan film semakin menyatu. Menurutnya produksi serial tersebut bakal menggunakan teknologi Nanite yang ada di Unreal Engine 5.

"Sekarang anda bisa membuat lingkungan dengan kualitas sinematik sepenuhnya dan semua itu dikerjaan oleh engine (Unreal Engine 5), yang menghasilkan sesuatu yang sangat photorealistic.

Unreal Engine 5 bersama dengan teknologi Nanite sebenarnya sudah dipamerkan ke publik pada Mei lalu dalam sebuah game demo PS5 berjudul Lumen in The Land of Nanite, demikian dikutip detikINET dari Digital Trends, Senin (6/7/2020).

Namun preview Unreal Engine 5 sendiri baru akan tersedia pada awal 2021, dan baru akan dirilis pada beberapa bulan setelahnya. Jadi saat PS5 dan Xbox Series X dirilis nanti, belum akan ada game yang memanfaatkan Unreal Engine 5.



Simak Video "Penampakan dan Jeroan PlayStation 5 yang Menggoda Iman"
[Gambas:Video 20detik]
(asj/fay)