Penyebab Main Game Ngelag di Ponsel

Penyebab Main Game Ngelag di Ponsel

Yudistira Imandiar - detikInet
Selasa, 05 Mei 2020 08:35 WIB
Ilustrasi main game mobile
Foto: Shutterstock
Jakarta -

Masalah ngelag saat main game di ponsel merupakan kondisi yang menjengkelkan karena mengganggu keasyikan saat bermain. Lagging pada ponsel dipengaruhi oleh beberapa faktor.

Setiap game memiliki persyaratan sistem (requirement) yang berbeda-beda, tergantung ukuran file, kualitas grafis, dan jumlah data di dalamnya. Untuk bisa menjalankan game dengan lancar, ponsel mesti memenuhi persyaratan sistem yang memadai.

Dilansir dari berbagai sumber, persyaratan sistem mencakup beberapa aspek. Jika aspek itu tidak terpenuhi, akan membuat smartphone ngelag saat digunakan menjalankan game berukuran besar. Berikut ini beberapa faktor yang bikin main game di ponsel ngelag.

1. Performa CPU dan GPU

Untuk memainkan game, apalagi yang memiliki grafis berkualitas tinggi, dibutuhkan kecepatan prosesor yang mumpuni. Semakin tinggi kecepatan CPU, maka waktu memproses data lebih cepat sehingga tidak mengakibatkan lag. Selain itu, dibutuhkan juga GPU yang andal untuk mengolah grafis agar gambar bisa bergerak dengan halus tanpa patah-patah. Jika CPU dan GPU tidak memenuhi persyaratan sistem game, maka waktu proses menjadi lelet dan terjadi lag saat menjalankan game.

2. Kapasitas RAM

RAM pada ponsel bertugas memproses data dari aplikasi yang dijalankan. Game-game berukuran besar membutuhkan RAM berkapasitas besar untuk memproses data. Jangan heran jika game ngelag saat dijalankan pada ponsel dengan kapasitas RAM di bawah persyaratan sistem, karena perangkat tidak mampu memproses data game dengan cepat.

3. Memori Penuh

Akibat memori internal penuh, ruang untuk menyimpan data aplikasi tidak memadai. Hal itu bisa menjadi penyebab ponsel mengalami lag saat memainkan game yang butuh ruang penyimpanan data besar.

4. Konektivitas

Mayoritas game populer saat ini dimainkan secara online. Sehingga, butuh konektivitas memadai agar game berjalan dengan lancar. Kecepatan jaringan dan teknologi Wi-Fi paling mutakhir membuat ponsel memiliki konektivitas internet cepat buat mengolah data pada game, sehingga tidak terjadi lag. Jika koneksi internet lemah, praktis game tidak bisa dimainkan dengan optimal akibat lag.

Oppo Find X2 ProOppo Find X2 Pro Foto: Adi Fida Rahman/detikINET

Mulusnya sebuah game yang dimainkan, memang dapat bergantung pada spesifikasi ponsel digunakan seperti paparan di atas. Namun dengan OPPO Find X2 Series, masalah lag tak akan lagi terjadi.

OPPO Find X2 series memiliki perfroma andal ditunjang chipset Qualcomm Snapdragon 865 berperforma tinggi, dengan RAM 12 GB. Selain itu, OPPO Find X2 dilengkapi chip khusus 01 Ultra Vision yang mendukung motion clear dan HDR enhancer agar pergerakan gambar lebih halus, tidak patah-patah.

(prf/ega)