Game Bertema Virus Corona Diblokir di China

Game Bertema Virus Corona Diblokir di China

Virgina Maulita Putri - detikInet
Kamis, 30 Apr 2020 02:05 WIB
game Coronavirus Attack dicekal di China
Ilustrasi Game Coronavirus Attack yang Diblokir di China Foto: MythZsGame via Steam
Beijing -

Game bertema virus Corona yang didistribusikan lewat Steam dicekal di China. Pencekalan tersebut karena isinya yang berisi konten politis dan kontroversial.

Dikutip detikINET dari BBC, Kamis (30/4/2020) game tersebut berjudul Coronavirus Attack dan dikembangkan oleh MythZsGame. Untuk memenangkan game ini, pemain harus menghentikan 'zombie egois' yang ingin kabur dari negara yang sedang terinfeksi virus.

MythZsGame mengatakan Coronavirus Attack diblokir di China daratan karena pemain dan pengguna Steam melaporkan game tersebut akibat konten politisnya. Walau tidak disebutkan secara eksplisit, bisa dilihat mengapa game ini bisa menarik perhatian gamer di China daratan.

Pemain melaporkan game ini menggunakan skema warna yang digunakan mirip dengan bendera China yaitu merah dan kuning. Tapi bintang-bintang yang ada di sisi kiri atas digantikan dengan animasi berbentuk virus Corona.

Selain itu, pemain juga bisa mengumpulkan lencana dari Steam yang mencakup 'Liberate Honk Kong' dan 'Taiwan is not in China'. Pernyataan ini tentu mengundang kegeraman masyarakat China karena bertentangan dengan kebijakan One China Policy.

Kolom komentar game ini juga dipenuhi dengan ulasan jelek. Game ini masih bisa diunduh oleh pengguna Steam di luar China, tapi beberapa pengguna menyerukan agar Steam memblokir game ini secara global.

"Bayangkan membuat game untuk bercanda tentang situasi pandemi di seluruh dunia, menggunakan kematian orang-orang sebagai hiburan," kata seorang pengguna Steam dalam ulasannya.

MythZsGame mengatakan ia mengembangkan game ini sebagai bentuk protes terhadap pemerintah China. Ia mengaku tidak senang dengan cara pemerintah China menangani pandemi virus Corona.

Ini bukan pertama kalinya game Steam diblokir di China karena kaitannya dengan pandemi. Plague Inc., game populer yang memungkinkan pemain menciptakan dan menyebarkan wabah di seluruh dunia telah dicekal sejak Maret lalu.



Simak Video "Sisi Positif dan Negatif Pelajar yang Hobi Nge-game saat Pandemi"
[Gambas:Video 20detik]
(vmp/fyk)