Nintendo Switch Sempat Langka, Ternyata Bot Ini Penyebabnya

Nintendo Switch Sempat Langka, Ternyata Bot Ini Penyebabnya

Virgina Maulita Putri - detikInet
Selasa, 21 Apr 2020 09:08 WIB
Nintendo Switch, Ilustrasi Nintendo Switch, Switch
Nintendo Switch Sempat Langka, Ternyata Bot Ini Penyebabnya Foto: dok. detikINET
Jakarta -

Nintendo Switch sempat menjadi salah satu barang yang langka di tengah pandemi virus Corona. Begitu ditemukan pun harganya dibanderol gila-gilaan oleh penjual pihak ketiga.

Rupanya, dibalik langkanya Nintendo Switch ada bot open-source yang memungkinkan pembeli pihak ketiga untuk membeli konsol portabel tersebut dalam jumlah besar secara otomatis.

Dikutip detikINET dari Digital Trends, Selasa (21/4/2020) berdasarkan hasil penelusuran Motherboard, mereka berhasil menemukan komunitas yang membeli Nintendo Switch dalam jumlah besar dan memanfaatkan Bird Bot.

Tool ini diciptakan oleh seseorang yang dikenal dengan nama Nate. Bird Bot dirancang untuk membeli stok Nintendo Switch dari ritel seperti Walmart dan Best Buy begitu produknya diunggah.

"Saya dan teman saya berbicara soal menjual kembali Nintendo Switch, dan suatu saat teman saya, yang dipanggil Bird, bilang bahwa saya harus buat bot," kata Nate kepada Motherboard.

Nate meluncurkan bot ini secara gratis dan bisa diunduh oleh siapa pun. Termasuk mereka yang ingin menjual kembali dan mendapat keuntungan dari konsol tersebut, dan pengguna biasanya yang ingin membeli Nintendo Switch untuk menghilangkan rasa bosan selama di rumah.

Server Discord yang berisi orang-orang yang menggunakan Bird Bot memiliki 600 partisipan. Tapi chat log menunjukkan forum ini pernah memiliki hingga 1.000 partisipan.

Mereka mengunggah kisah suksesnya saat berhasil membeli Nintendo Switch menggunakan Bird Bot, sekaligus membagikan tips bagaimana agar bisa memperoleh stok konsol tersebut dengan mudah.

Tapi ada hal lain yang memperparah kondisi ini. Karena bot lain yang biasanya digunakan untuk berburu sneakers langka, seperti Scottbot dan Swift, juga dimodifikasi untuk membeli Nintendo Switch.

Adanya bot seperti Bird Bot tentu membuat masyarakat umum semakin kesulitan mendapatkan Nintendo Switch. Bahkan jika Nintendo melakukan restock dalam jumlah besar pun pasti akan diborong oleh bot dan komunitas ini terlebih dahulu.

wawancara eksklusif bersama k-pop star, lee min ho


Simak Video "Ini Nih Tampilan Nintendo Switch Lite yang Lebih Kecil dan Praktis"
[Gambas:Video 20detik]
(vmp/afr)